Ridwan Bae Desak Kemenhub RI Segera Bangun Pelabuhan Feri di Wakatobi

  • Bagikan
Anggota DPR RI Dapil Sultra, Ridwan Bae. (Foto: Golkar)
Anggota DPR RI Dapil Sultra, Ridwan Bae. (Foto: Golkar)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pembangunan pelabuhan feri di Kabupaten Wakatobi oleh Kementerian Perhubungan RI, didesak Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara, Ridwan Bae, untuk direalisasikan sebelum berakhir masa tahun anggaran 2019.

Rencana pembanguan pelabuhan di Pulau Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Pulau Binongko pernah dilakukan peninjauan tentang kelayakannya. Namun realisasinya belum terjadi. Hal ini juga telah disampaikan Ridwan Bae di rapat bersama Dirjen Perhubungan Darat.

Pelabuhan nantinya dianggap mampu meningkatkan sektor transportasi yang menunjang pembangunan daerah, serta mengurangi angka kecelakaan transportasi laut.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Kebutuhan dan pentingnya pelabuhan feri di daerah wisata Wakatobi sudah pernah ditinjau dan memang layak. Kondisi perhubungan laut di Kabupaten Wakatobi memang sangat membutuhkan sarana pelabuhan feri,” kata Ridwan Bae, Jumat (6/7/2018).

Salah satu tujuan pengadaan pelabuhan, mengantisipasi terjadikan kecelakaan di jalur laut, seperti halnya insiden kapal karam dan kandas di sejumlah daerah. Sebab, insiden tersebut pernah terjadi di Wakatobi, tepatnya kapal rakyat memuat penumpang tujuan Pulau Tomia yang tenggelam dan menyebabkan banyak korban jiwa.

“Harusnya diantisipasi sebelum terjadi. Dengan anggaran yang minim, pemerintah seharusnya mengalokasikan pada aspek keamanan,” ujar Ridwan Bae.

 

Baca:   Jembatan Ameroro akan Dilebarkan, Ridwan Bae: Kementerian Cek Betulkah Tambang Penyebab Banjir Konawe?

Laporan:La Ismeid
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan