Ritual Pemakaman Segera Digelar, Ini Lokasi Pemakaman Wali Kota Baubau

  • Bagikan
Prosesi persiapan pemakaman Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Jumat (14 Januari 2022).(Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Setelah tiba di Rumah Jabatan Wali Kota Baubau, jenazah AS Tamrin diagendakan akan dimakamkan usai Salat Jumat, 14 Januari 2022.

Jenazah Wali Kota Baubau, AS Tamrin diagendakan akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Keraton, Kelurahan Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau.

“Informasi dari Pak Kamil (kakak almarhum AS Tamrin), almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Keraton di samping pusara ibunya,” jelas Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

Upacara pelepasan jenazah almarhum AS Tamrin akan dilaksanakan di Rumah Jabatan Wali Kota Baubau yang rencananya dipimipin Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Adapun prosesi pemakaman akan melibatkan Sara Kidina Masjid Keraton Buton untuk melakukan ritual pemakaman sesuai adat Buton.

Wawalkot Baubau mengimbau semua instansi pemerintah mengibarkan bendera setengah tiang selama satu hari pada Jumat, 14 Januari 2022 sebagai pendamping AS Tamrin selama memimpin Kota Baubau.

Monianse juga mengatakan, almarhum AS Tamrin merupakan pemimpin yang memosisikan diri sebagai orang tua yang baik dan banyak hal diwariskan beliau, berupa sikap dan nilai-nilai leluhur yang dicantumkan dalam PO-5.

“Selama saya sama-sama beliau, saya tidak pernah melihat mukanya murung, berbuat kesalahan apapun saya dipanggilnya sebagai adik dan saya tidak pernah mendengar sentakan, bentakan apapun yang menggambarkan ada keluh kesah,” ucapnya.

Baca:   Kajian Master Plan Pengembangan Kota Kreatif Pemkot Baubau Tuntas 

Dikabarkan sebelumnya, jenazah Wali Kota Baubau, AS Tamrim tiba di Bandara Betoambari, Kota Baubau sekitar pukul 09.15 Wita. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan