Rusman Emba Ingin Kembalikan Kejayaan Kopi di Muna

  • Bagikan
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat mengikuti launching sajian Kahawa Wuna dengan sentuhan IPTEK, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Bupati Muna, LM Rusman Emba saat mengikuti launching sajian Kahawa Wuna dengan sentuhan IPTEK, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA –  Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna ke 63, Bupati LM Rusman Emba berkeinginan mengembalikan kejayaan Kopi di Bumi Sowite Barakati atau tanah Muna.

Hasrat itu muncul ketika Poktan Kadaintiala Desa Bente dan Overdoce Coffe Lab. Raha saat melauching sajian Kahawa Wuna atau Kopi asli Muna sebagai bagian dari mendukung program Pemda Muna mengembalikan kejayaan Kopi di wilayah Muna pada momen HUT.

“Ini memang program Pemda Muna ingin mengembalikan kejayaan Kopi Muna. Lewat dana desa, semua kepala desa kita akan dorong untuk menanam kopi di wilayahnya. Sehingga bisa menjadi tanaman pekerbunan primadona di Muna selain Jambu Mente dan Kelapa,” kata Rusman Emba usai melaunching sajian Kahawa Wuna,” Senin (4 Juni 2022).

Ia menyampaikan bahwa dahulu kala, pada zaman Belanda, komoditas unggulan Muna yang pertama itu Kopi, Tembakau, dan Kapas.

“Mudah-mudahan launching hari ini, semoga bisa menjadi momen monumental, Muna dikenal lagi kejayaannya sebagai penghasil Kopi dan penghasil olahan kopi yang bisa bersaing dengan daerah lain, cita rasanya,” ungkapnya.

Setelah merasakan olahan Kopi buatan Poktan Kadaintiala Desa Bente dan Overdoce Coffe Lab. Raha Bupati Muna merasakan nikmatnya kopi asli Muna diminum.

Baca:   68 Dosis Vaksin Diberikan ke Tokoh Lintas Agama di Kendari

“Enak sekali rasanya, nikmat,” ucapnya. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan