Rutan Unaaha Bekali Keterampilan Napi Cara Thibbun Nabawi dan Bekam

  • Bagikan
Karutan Herianto saat membuka kegiatan pelatihan Thibbun Nabawi dan Bekam di Masjid At- Muhajirin. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dalam upaya memberikan skill dan ilmu yang bermanfaat bagi warga binaannya, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Unaaha bekerjasama dengan Rumah Rehab Hati Konawe menggelar pelatihan Thibbun Nabawi dan Bekam yang diikuti sekitar 50 peserta narapidana warga binaan bertempat di Masjid At- Muhajirin sekitaran lingkungan Rutan Unaaha, Kamis (18/11/2021).

Ustad Abud Abid yang bertindak sebagai trainer, mengatakan, pelatihan Thibbun Nabawi merupakan pelatihan metode pengobatan yang menggabungkan antara bekam, akupuntur, dan herbal.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan keterampilan bagi WBP, selain kegiatan reguler yang dilakukan terkait pembinaan spiritual bagi para binaan yang rutin dilaksanakan di Rutan Unaaha.

“Metode pengobatan ini merupakan sunnah yang masih jarang diterapkan di lingkungan masyarakat,” ungkapanya.

Sementara itu, Karutan Kelas IIB Unaaha Herianto, menuturkan, jika kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan selain kegiatan pembinaan spiritual dalam upaya pembekalan dan peningkatan keterampilan bagi warga binaannya.

Ia berharap, semoga dengan adanya pelatihan tambahan ini, para warga binaannya dapat mengaplikasikan ilmunya yang bermanfaat bagi orang lain setelah keluar dari Lapas.

“Alhamdulillah, pelatihan ini sangat bermanfaat sekali,” jelas Herianto.

Sala satu peserta pelatihan, Syamsir mengatakan, selama ini ia hanya dengar saja soal bekam. Tetapi tidak tahu barangnya kayak apa, dan sekarang alhamdulillah bisa tahu bekam.

Baca:   Oknum Sipir Rutan Unaaha Aniaya Seorang Warga Binaan

“Minimal ilmunya bisa dipakai buat bekam sesama warga binaan, dan mudah-mudahan terpakai juga nanti ketika sudah bebas,” kata syamsir, WBP Rutan Unaaha.

Diketahui, kegitan Ini direncakan belangsung selama dua hari dari 18 -19 November 2021 dan peserta pelatihan langsung mengaplikasikan teknik bekam yang dilakukan secara berpasangan dengan didampingi trainer dan asisten trainer. (B)

Laporan: Andi Nur Aris .S
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan