Samahuddin Pantau Pekerjaan Tugu Religi, Target Akhir Tahun Tuntas 80 Persen

  • Bagikan
Bupati Buton Tengah, Samahuddin saat memantau Tugu Religi Simpang Lima Labungkari (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Bupati Buton Tengah, Samahuddin saat memantau Tugu Religi Simpang Lima Labungkari (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Bupati Buton Tengah, Samahuddin memantau progres pekerjaan pembangunan Tugu Religi Simpang Lima Labungkari, Senin (27/9/2021).

Tugu Religi Simpang Lima itu nantinya akan menghubungkan empat kecamatan di Kabupaten Buton Tengah diantaranya Kecamatan Lakudo, Kecamatan Gu, Kecamatan Mawasangka Timur dan Kecamatan Mawasangka.

Tugu dengan design megah setinggi 50 meter dan akan dilengkapi dengan lift ditengah tugu sebagai media bagi pengunjung saat ingin melihat pemandangan dari puncak tugu.

Sementara bagian bawa merupakan ruang yang melingkari tugu akan diisi dengan ornamen serta kaligrafi yang bernuansa Islam agar terlihat menarik sesuai dengan namanya ‘tugu religi’.

“Pemerintah Buteng telah menyiapkan anggaran sekitar Rp10 miliar lebih. Anggaran itu bersumber dari APBD tahun 2021,” kata Samahuddin.

Tugu religi ini lanjut Samahuddin, akan menjadi salah satu simbol daerah yang melambangkan tentang masyarakat Buteng yang religius. Pada bagian utama bangunan terdapat lima tiang sebagai simbol rukun Islam yang ada dalam ajaran agama Islam.

“Target pembangunan direncanakan mencapai 80 persen pembangunan hingga akhir tahun 2021. Kemudian pembangunan dilanjutkan pada awal tahun 2022. Tugu religi diupayakan tuntas sebelum masa jabatan berakhir,” ucapnya.

Setelah memantau pembangunan tugu, Samahuddin bersama rombongan bergeser di beberapa proyek pembangunan lain di Kabupaten Buton Tengah khususnya di Kecamatan Mawasangka Tengah untuk memastikan progres pengerjaan pembangunan berjalan dengan baik diantaranya gerbang Kecamatan Mawasangka Timur, pembangunan jalan di Desa Lakurua, Kecamatan Mawasangka Tengah, dan pembangunan kantor OPD di Desa Langkomu, Kecamatan Mawasangka Tengah. (C)

Baca:   Gateball Bakal Tanding di Porprov XIII

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan