Sambut Berkah Ramadan, IAI Sultra Sasar Kompleks Pemulung Berbagi Paket Sembako

  • Bagikan
Penyerahan bantuan paket sembako dari pengurus IAI Sultra kepada masyarakat kurang mampu (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Penyerahan bantuan paket sembako dari pengurus IAI Sultra kepada masyarakat kurang mampu (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulawesi Tenggara (Sultra) membagikan paket sembako kepada warga kurang mampu dengan menyasar kompleks pemulung di Kota Kendari sebagai bentuk bakti sosial menyambut berkah dimomen bulan suci Ramadan, Sabtu (1/5/2021).

Dalam penyaluran bantuan ini, pengurus IAI menyediakan sebanyak 155 paket sembako yang merupakan swadaya pengurus IAI atau apoteker di Sultra dalam rangka membantu sesama saat Ramadan.

Beberapa kompleks pemulung yang menjadi sasaran IAI dalam kegiatan berbagi ini diantaranya, kompleks pemulung di Kelurahan Kambu, Kelurahan Anduonuhu, Kelurahan Tobuha, dan Tipulu serta beberapa tempat-tempat lainnya.

Ketua PD IAI Sultra, Harmawati Kadir, mengatakan melalui momentum bulan Suci Ramadan ini pengurus IAI sedikit berbagi rezeki kepada sesama yang kurang mampu sebagai bentuk kepedulian sosial di momen bulan Suci Ramadan ini.

“Bantuan yang kami berikan memang tidak begitu banyak, namun niat kami untuk meringankan saudara-saudara kami yang membutuhkan, apalagi saat ini bulan Suci Ramadan,” kata dia.

Harmawati bilang aksi berbagi paket sembako ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun pengurus IAI Sultra disetiap momen bulan Ramadan. Namun, pemberian bantuan ini agak berbeda dengan dua tahun sebelumnya karena akibat wabah pandemi Covid-19.

Baca:   Pemda Busel Berkomitmen Dukung Pelestarian Budaya Setiap Baruga

“Tahun ini kita mobile, kita mengunjungi langsung tempat-tempat yang kami anggap memang membutuhkan, berbeda dengan tahun lalu, biasanya kita ke panti asuhan atau buat acara penyerahannya terpusat, tapi ini kita door to door, untuk mengantisipasi penularan Covid-19,” ujar wanita yang kini menjabat sebagai Koordinator Bidang P2M BNNP Sultra itu di sela-sela kegiatan berbagi.

Pengurus Daerah IAI Sultra berbagi paket sembako di kompleks pemulung (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Harmawati juga tidak luput berpesan kepada seluruh penerima paket, meskipun kondisi mereka masih kurang mampu, namun harus tetap semangat dan menyekolahkan anak-anak mereka sebagai pelanjut estafet kehidupan yang lebih baik kedepannya.

“Yang paling penting itu, jangan pernah putus asa, dan jangan biarkan anak-anak kita putus sekolah, tanamkan akhlak yang baik, dan jangan pakai narkoba, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan bernasip baik dan sukses kedepannya,” tuturnya.

Selain itu, Harmawati menyampaikan kegiatan berbagi paket tersebut juga merupakan bagian dari rangkaian pra peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IAI yang ke- 60 tahun 2021 yang akan diperingati setiap 18 Juni.

“Insya Allah tahun ini IAI juga akan merayakan ulang tahunnya yang ke- 60, jadi kegiatan ini juga merupakan peran dari IAI juga,” terangnya.

Baca:   Bank Muamalat Salurkan Beasiswa bagi Siswa Kurang Mampu di MAN Insan Cendekia Kendari

Aksi bagi-bagi paket sembako pengurus IAI ini dimulai dari Sekretariat PD IAI Sultra Jalan MT Haryono, Wuawua, selanjutnya mengunjungi rumah masyarakat di antaranya kawasan kampung pemulung di Jalan KM 40, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, berikutnya di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, serta Kelurahan Labibia, Kendari dan terakhir kompleks pemulung di Kelurahan Tipulu, Kendari Barat.

Pihaknya juga membagikan sembako ke rumah-rumah warga yang membutuhkan guna memastikan bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goreng, gula pasir, dan lainnya tepat sasaran, sekaligus memberikan motivasi kepada mereka yang menerima bantuan.

Suparia (60), seorang warga kampung pemulung di Jalan Pangeran Antasari Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia mengaku bersyukur bisa mendapat bantuan tersebut.

“Kami bersyukur, terima kasih banyak ada bantuan sembako mudah-mudahan ini sedekah ini diterima Allah SWT,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Sulis, warga kompleks pemulung di Kelurahan Kambu, katanya sangat berterima kasih kepada pengurus IAI Sultra yang sudah memberikan bantuan paket sembako. Meskipun bantuan paket sembako ini bukan yang pertama diterimanya di bulan Suci Ramadan ini, tapi sangat membantu meringankan beban.

“Kami disini (kompleks) berjumlah 15 KK, rata-rata pengumpul barang bekas seperti besi, alhamdulillah sangat berterima kasih dan bersyukur atas bantuan ini, ini sangat bermanfaat bagi kami semua, Terima kasih,” ujarnya.

Baca:   Anak Panti Asuhan Al Hidayah Koltim Terima Berkah Ramadan

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan