Sampah Berserahkan Imbas Membludaknya Pengunjung Pantai Toronipa, Wisatawan masih Buang Sembarangan

  • Bagikan
Kapolsek dan Karang Taruna bersih-bersih Pantai Toronipa, Senin (2 Januari 2023). (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Usai diserbu pengunjung, sampah berserahkan di kawasan Pantai Toronipa, Kabupapaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sampah-sampah ini kemudian dibersihkan oleh anggota Polsek Soropia bersama TNI dan Karang Taruna Toronipa di sepanjang pipir pantai, Senin (2 Januari 2023).

Kapolsek Soropia, IPDA Mursadin mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai tersebut digelar bersama anggota Koramil, pengurus Pantai Toronipa serta masyarakat dengan tujuan untuk menjaga ekosistem alam.

loker wartawan sultrakini

“Dua hari ini sampah yang berserakan luar biasa banyak, sepanjang bibir pantai, jadi saya arahkan anggota untuk melakukan pembersihan,” ujarnya.

Agenda itu rutin digelar agar pengunjung selalu nyaman ketika berlibur di Pantai Toronipa. Sejumlah tong sampah juga disediakan di sejumlah titik agar memudahkan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Menurut IPDA Mursadin, jumlah lonjakan pengunjung hingga 1.500 orang dalam dua hari terakhir. Meski demikian, potensi banyaknya wisatawan diperkirakan masih terjadi di awal tahun ini. Untuk itu dia mengimbau, kebersihan Pantai Toronipa selalu dijaga bersama, serta tidak membawa minuman keras dan senjata tajam.

Ditambahkan Ketua Karang Taruna Kelurahan Toronipa, Indrawan, sampah-sampah itu bisa dibersihkan berkat kersa bersama TNI-Polri serta Pengurus Pantai Toronipa. Namun, wisatawan juga diharapkan bisa sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan di kawasan pantai.

Baca:   Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendari Baksos, Mahasiswa Temukan Fakta di Soropia

“Sampah meningkat dua sampai tiga kali lipat semenjak libur tahun baru dibandingkan hari biasanya,” ucapnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan