Sampah Berserakan di Luar Bak Pembuangan, Kesadaran Masyarakat Dinilai Masih Rendah

  • Bagikan
Sampah berserakan di sekitar TPS di Kelurahan Asinua, Kabupaten Konawe. (Foto: Andi Nur Aris.S/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kesadaran sejumlah masyarakat maupun warga akan kebersihan lingkungan dinilai masih minim, terutama membuang sampah pada tempatnya. Misalnya tempat pembuangan sampah yang berada di Kelurahan Asinua, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Sampah di tempat pembuangan ini berserakan hingga ke tepi jalan.

Pantauan Sultrakini.com, sampah di tempat pembuangan di Kelurahan Asinua berserakan. Nampak sampah dibuang bukan di dalam bak pembuangan. Akibatnya, sampah berserakan hingga ke tepi jalan, sementara tempat sampah dalam keadaan kosong. Tidak hanya itu, bau yang ditimbulkan sampah mengganggu pengendara yang melintas.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe, Herianto, menyebut masyarakat belum sepenuhnya sadar menjaga kebersihan lingkungan. Padahal, hal ini harus ditanamkan dalam diri masyarakat, bahkan sejak usia dini. Menjaga lingkungan tetap bersih adalah kewajiban setiap warga negara Indonesia.

“Kami selaku DLH selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar tingkat kesadarannya dalam membuang sampah pada tempatnya karena selama ini dinilai masih kurang, sampah (dibuang) tidak tepat di bak sampah,” jelasnya, Senin (14/6/2021).

Ia mengaku, petugas kebersihan sudah bekerja efektif dalam pengangkutan sampah di setiap TPS, sehingga sampah yang berserakan di luar bak pembuangan tidak langsung dinilai sebagai kesalahan petugas.

Baca:   Banjir di Wanggu Mulai Surut, Warga di Imbau Jangan Langsung Menempati Rumahnya

“Bukannya petugas yang tidak bekerja, masyarakatnya masih kurang disiplin dalam penempatan sampah itu sendiri,” ucapnya.

Meski demikian, DLH Konawe akan terus berupaya mensosialisasikan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Selain ikut menjaga kebersihan lingkungan, petugas kebersihan bisa lebih cepat mengangkut sampah di tempat pembuangannya.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pejabat setempat ,kelurahan atau kecamatan untuk lebih menyadarkan masyarakat dalam membuang sampah,” tambahnya. (B)

Laporan: Andi Nur Aris.S
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan