Sandiaga Uno Ikut Jejak Prabowo Jadi Menteri Jokowi, Berikut Enam Menteri Kabinet Indonesia Maju

  • Bagikan
Sandiaga Uno. (Foto: Biro Pers Setpres)

SULTRAKINI.COM: Presiden RI, Joko Widodo merombak Kabinet Indonesia maju pada Selasa (22/12/2020). Uniknya, salah satu menteri yang diganti merupakan mantan rivalnya ketika bertarung di Pemilihan Presiden 2019.

Total enam menteri diganti Presiden Jokowi. Misalnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari sebelumnya Wishnutama Kusubandio, digantikan oleh Sandiaga Salahuddin Uno atau mantan rivalnya di pilpres yang kala itu mencalonkan sebagai wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan).

Merespon dirinya yang digantikan oleh Sandiaga, Wishnutama mengucapkan selamat melalui akun Instagramnya.

“Alhamdulilah mas @sandiuno telah terpilih menggantikan saya untuk menjadi menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. saya yakin di bawah kepemimpinan mas sandi pariwisata dan ekonomi kreatif dapat segera bangkit, bahkan bisa jauh lebih baik lagi dari sebelumnya,” tulisnya di akun @wishnutama pada Selasa (22/12/2020).

“Saya istirahat dulu ingin quality time bersama keluarga,” sambungnya.

Kinerja Wishnutama sempat dipertanyakan publik sejak Februari 2020. Melalui lembaga survei Indobarometer pada Februari lalu, pihaknya merilis sepuluh nama menteri di Kabinet Kerja Indonesia Maju yang berkinerja bagus. Namun, nama Wishnutama tidak masuk dalam daftar tersebut.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telephone menggunakan kuesioner. Data nomor telephone responden diambil dari jaringan IPR dengan menggunakan multistage random sampling dan dilakukan pada 1-10 Oktober 2020 dengan melibatkan 1.800 orang responden.

Baca:   Kwarda Sultra Utus 408 Pramuka ke Rainas XI Cibubur

Strategi jitu Menteri Sandiaga Uno

Menduduki kursi Menparekraf, rupanya Sandiaga membawa tiga program kerja, yakni strategi inovasi, strategi adaptasi, dan strategi kolaborasi.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Pertama strategi inovasi. Maksudnya strategi dengan menggunakan teknologi seperti big data dan pendekatan kekinian untuk memetakan, baik dari segi potensi maupun penguatan, serta memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan.

Kedua strategi adaptasi. Dalam hal ini, Sandiaga akan mengkonsentrasikan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan setiap lini ekonomi kreatif.

Ketiga strategi kolaborasi. Sandiaga akan berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk kementerian/lembaga, pemerintah daerah, akademisi, universitas, serta masyarakat dan dunia usaha.

“(Ada) jutaan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata, maupun ekonomi kreatif berjumlah belasan mungkin puluhan juta, yang harus kita selamatkan,” ucapnya Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) sore.

Pelantikan enam menteri kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020).

Enam menteri baru hasil perombakan Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi melantik enam menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/12/2020) pukul 09.46 WIB.

Berikut enam menteri Kabinet Indonesia Maju.

  1. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf, menggantikan Wishnutama. Sandiaga sempat menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.
  2. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Budi sebelumnya menjabat Wakil Menteri BUMN.
  3. Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal Gus Yaqut sebagai Menteri Agama, menggantikan Fachrul Razi. Yaqut sempat menjabat Ketua Umum GP Ansor.
  4. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, menggantikan Edhy Prabowo. Sakti diketahui menjabat Direktur PT Solusindo Kreasi Pratama.
  5. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara. Rismaharani sempat menjabat Wali Kota Surabaya.
  6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Lutfi dikenal sebagai duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Dia menjabat sebagai Menteri Perdagangan antara 14 Februari dan 20 Oktober 2014.
Baca:   Tunarungu yang Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi

Sumber: Setkab, CNBCIndonesia.com
Laporan: Ririn Andriani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan