Sapi Kurban Milik Jokowi di Sultra Seberat 1,3 Ton

  • Bagikan
Sapi Kurban Presiden Republik Indonesia, Jokowi, (Foto: Ist)
Sapi Kurban Presiden Republik Indonesia, Jokowi, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan mengkurbankan seekor sapi pada Idul Adha 1442 Hijriah di Sulawesi Tenggara (Sultra). Calon kurbannya yakni seekor sapi jantan dengan berat 1,3 ton.

Sapi itu milik peternak asal Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sultra. Sapi ini dibeli Presiden dengan harga Rp110 juta.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Laode Muhamad Jabal mengungkapkan bahwa setiap tahun Jokowi selalu berkurban di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Dan tiap provinsi tersebut mendapatkan jatah satu ekor sapi kurban.

Untuk tahun ini sapi kurbannya telah disiapkan dan telah memenuhi kriteria yang diperlukan.

“Dari segi kesehatannya (sapi) telah dipastikan dengan keluarnya hasil laboratorium dan tinggal ditindaklanjuti,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (7/7/2021).

Lanjut Jabal, bahwa sapi dari daerah Konsel ini sudah dua kali secara beruntun selalu dilirik menjadi hewan kurban Presiden.

Menurutnya, sapi semua daerah di Sultra bisa dijadikan hewan kurban milik Presiden asalkan memenuhi kriteria yang diperlukan terutama kesehatan dan bobot minimal diatas satu ton.

“Yang terpenting yaitu kesehatannya karena, walau besar namun tidak sehat maka tak bisa,” terangnya.

Baca:   Jelang Idul Adha 2021, Stok Hewan Kurban di Sultra Dipastikan Melimpah

Sapi tersebut kini terus dirawat hingga sampai nanti pemiliknya akan mengantar sampai ke tempat pemotongan yang bertempat di Masjid Al Kautsar Kendari.

Untuk penyebaran daging sapi itu sendiri pasca dipotong akan disebar kepada masyarakat yang tinggal di sekitar atau dekat Masjid Al Kautsar. (B)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan