Sapril Ketua INSA Kendari Pertama, Wali Kota Harap Bisa Optimalkan Pelayanan Pelayaran

  • Bagikan
Ketua INSA Kendari terpilih menerima berkas sidang dari pimpinan sidang RAC INSA I Kendari.
Ketua INSA Kendari terpilih menerima berkas sidang dari pimpinan sidang RAC INSA I Kendari.

SULTRAKINI.COM: H. Muh Sapril MS terpilih sebagai Ketua Indonesian National Shipowners Association (INSA) Cabang Kendari dalam Rapat Anggota Cabang, Rabu (16 Juni 2021).

Sapril terpilih setelah melalui mekanisme pencalonan yang disepakati forum RAC beranggotakan 19 pemilik Surat Izin Usaha Perusahaan Angkutan Laut (SIUPAL) dan Surat Ijin Operasi Pelayaran Khusus (SIOPSUS) dan terdaftar di INSA pusat.

Pada tahap pengajuan calon ada dua nama yang diusulkan forum, yakni Sapril (Komisaris PT Menara Global Trans) dan Busran (Kepala Urusan Operasional dan Pelayanan PT Pelni Kendari). Namun Busran tidak memenuhi kriteria calon, yang mengharuskan Komisaris, Direksi, atau Manager sebagaimana diatur dalam AD/ART INSA.

Itu pun perdebatannya cukup panjang, sebab menurut pendukung Busran, jabatan kepala urusan operasional dan pelayanan itu adalah kategori manager sebagaimana dimaksud dalam AD/ART INSA.

Akibat perdebatan itu, rapat yang dipimpin dari unsur independen, sempat menghadirkan Kepala PELNI Kendari, Agustinus Prima Wicaksono.

Menurut Agustinus, jabatan dengan sebutan manager di PT Pelni adanya hanya di Pelni Pusat. Berdasarkan keterangan itu, Pimpinan Sidang, Mahdar Tayong didampingi M Djufri Rachim dan Sarjono pun mengambil kesimpulan bahwa Busran tidak memenuhi syarat sebagai calon ketua INSA Kendari periode 2021-2025.

RAC INSA Kendari, dibuka oleh Wali Kota Kendari H Sulkarnain Kadir SE mengapresiasi terbentuknya INSA di Kota Kendari melalui RAC yang kali pertama dan menjadi cabang ke-45 di Indonesia.

Baca:   Mastri Susilo Duduki Kursi Kepala ORI Sultra

Sulkarnain berharap kepada pengurus INSA terpilih agar lebih mengoptimalkan pelayananya untuk membangun bidang pelayaran di daerah ini.

Kepala Kantor Syahbandar Kelas II kendari yang di Wakili Plt.Lalulintas Angkutan Laut Ahmad Kosasi mengatakan, kegiatan rapat yang digelar ini merupakan rapat terkait pelayaran di Sultra.

“Jadi ada dua jenis pelayaran, yakni Surat Izin Usaha Pelayaran (SIU PAL) dan Surat Izin Usaha Pelayaran Ke Agenan Kapal (SIUP KK ) jadi yang dilaksanakan pada hari ini itu adalah perusahaan pelayaranya,” katanya.

Ketua terpilih, Sapril sekaligus sebagai inisiator pembentukan INSA Kendari. Pada awal April 2021, ia mengumpulkan puluhan pengusaha kapal di daerah ini guna membahas persiapan pembentukan organisasi pengusaha pelayaran niaga nasional tersebut.

Pada rapat perdana tersebut, berhasil menyepakati pembentukan panitia RAC, yakni Capt. H.M Ghazali sebagai Ketua dan Nini Riyanti sebagai Sekretaris. Sedangkan panitia pengarah dipilih dari unsur independen sebanyak tiga orang.

Penulis: Shen Keanu

  • Bagikan