Satlinmas Ikut Kawal Pemilu di Baubau

  • Bagikan
Personel pengamanan pemilu di Kota Baubau. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Personel pengamanan pemilu di Kota Baubau. (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pesta demokrasi akan dikawal 860 personel satuan perlindungan masyarakat di Kota Baubau. Mereka disebar di 430 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di delapan kecamatan wilayah setempat.

Para personel nantinya, ditugaskan dua orang setiap TPS di kota tersebut. “Satpol PP dan KPUD Baubau kerja sama menyiapkan 860 satlinmas untuk 430 TPS. Jadi kami Satpol PP menyediakan 860 orang dari masyarakat di setiap kecamatan yang kami bimbing,” terang Pelaksanan Tugas Kepala Satpol PP Baubau, Rahmat Tuta, Selasa (9/4/2019).

Ditekankan Komisioner KPUD Baubau, La Ode Supardi, personel satlinmas diharapkan menjaga keramahan dalam melayani warga di TPS. Di satu sisi, bisa tegas guna menciptakan rasa aman dan nyaman di lokasi pengamanan masing-masing.

“Kalaupun ada warga bertingkah tidak semestinya, harus diarahkan dan dituntun dengan sopan,” terang Supardi dalam materinya fungsi dan tugas sebagai pengamanan pemilu.

Dia menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sehubungan kepengurusan KTP-el bagi pemilih pemula. Hal ini dijamin proses pelayanannya dipermudah.

“Datang saja ke Capil, bilang keperluan memilih disuruh KPU, insyah Allah cepat dilayani dan E-KTP-nya bisa siap sebelum 17 April nanti,” ucapnya.

Baca:   Perempuan Mubar Didorong Ikut Awasi Pemilu 2019

(Baca juga: Pindah Memilih ke Baubau? Ini Batas Jadwal Pelayanannya)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan