Satu Ramadan Ditetapkan Esok, Tim Rukyatul Hilal Kemenag Sultra Pantau Hilal di Pantai Wolulu

  • Bagikan
Tim rukyatul hilal Kemenag Sultra memantau hilal di Pantai Wolulu (Foto: Ist)
Tim rukyatul hilal Kemenag Sultra memantau hilal di Pantai Wolulu (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARIPemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI menetapkan awal Ramadan atau 1 puasa 1442 Hijriah tahun 2021 Masehi jatuh pada Selasa, 13 April 2021 atau besok.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil sidang isbat merujuk pada pantauan hilal di 86 titik yang tersebar di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Sidang Isbat dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu, hadir pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

“Keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion disepakati dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021 Selasa besok pagi. Jadi malam ini sudah bisa melakukan salat Tarawih, nanti kita sahur. Setelah Subuh kita mulai menjalankan ibadah puasa,” kata Yaqut, dikutip dari Detik.com, Senin (12/4/2021).

Tim Rukyatul htilal Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memantau secara langsung hilal penentuan 1 Ramadan 1442H/2021 M di Pantai Wolulu, Kecamatan Watubangga, Kabupaten Kolaka.

Kasi Kemasjidan Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Rauf mengatakan pemantauan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca:   Ditunda! Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Masih Gratis

“Untuk hasil pemantauan tim rukyat hingga proses selesai, hilal tidak dapat terlihat karena terhalang awan dan cahaya bulan sangat kecil serta bias matahari yang cukup tebal di ufuk, namun berdasarkan data dan hasil hisab umur hilal berada pada 3′, 9,’ 20′ di atas ufuk,” terangnya. 

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Sehingga hasil hisab tersebut dijadikan sebagai referensi terkait ketinggian hilal yang diamati meski kedudukan dan posisi bulan hari ini tidak dapat dilihat. 

Rauf menambahkan penentuan 1 Ramadan 1442 H akan ditentukan pada sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama dan akan diumumkan malam ini.

“Setelah melakukan pemantauan, hasil rukyat tersebut akan dikirim ke Kementerian Agama RI, sebagai bahan laporan dalam sidang Isbat awal Syawal 1442 H,” tandasnya.

Tim yang melaksanakan rukyatul hilal awal Ramadan 1442 Hijriah di Kemenag Sultra, antara lain Jamaluddin, (Pelapor) Dr. Rusdin Muhalling, (Dosen IAIN) Kendari, Abdul Rauf, H. Agus Ramadhan (Kemenag), dan Ilham  (PMG pertama Stasiun Geofisika Kendari BMKG) yang telah disumpah oleh Ketua Pengadilan Agama, Mustamin LC, dan Abdul Rahman Panitera Pengadilan Agama.

Hadir dalam pemantauan tersebut  Kakanwil Kemenag Sultra diwakili Kepala Bagian Tata Usaha, Asisten I Setda Kolaka, Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota se Sultra serta unsur akademisi dan Ormas Islam. (B)

Baca:   Jangan Salah Kaprah, Inilah Pentingnya Vaksin Bagi Tubuh

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan