SD Anak Soleh Ala Brigadir Muh. Saleh

  • Bagikan
Bangunan SD Anak Soleh di Desa Tunas Baru, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. (Foto: Aldi Dermawan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Akses pendidikan dirasakan sulit masyarakat Desa Tunas Baru, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Namun tidak lagi, masyarakat kini bisa menyekolahkan anak mereka di sekolah dasar swasta bernama SD Anak Soleh.

Nama tersebut sebetulnya berasal dari si pendirinya, yakni Brigadir Muh. Saleh yang tidak lain Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) desa setempat. Demi kelancaran proses belajar mengajar, dia menjadikan istrinya sebagai tenaga pendidik anak-anak desa yang mau bersekolah. Mulanya tempat mengajar berlangsung di rumah kontrakkan. Kemudian berpindah menggunakan gedung desa hingga akhirnya memiliki bangunan sendiri dilengkapi tiga ruangan di dalamnya.

“Sekolah ini dibangun dari tahun 2015,” kata Brigadir Muh. Saleh, Senin (17/7/2017).

Dia bercerita, awalnya sekolah berdiri karena melihat orangtua siswa kerepotan mengantar dan menjemput anaknya bersekolah menempuh jarang delapan kilometer. Belum lagi kondisi jalannya yang rusak serta melewati pematang empang dan sawah. 

“Saya melakukan koordinasi kesemua pihak terutama tokoh masyarakat, dan akhirnya ada yang ikhlas mewakafkan tanahnya untuk sekolah dasar anak soleh,” ucapnya.

Laporan: Aldi Dermawan

Baca:   Peringati Hari Amal Bakti ke 70, Kemenag Buton Ajak PNS Tak Lakukan Pungli
  • Bagikan