Sebaiknya Berhati-hati, Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Apakah Anda sering duduk lebih dari 6 jam perhari? Jika iya, Anda harus berhati-hari karena karena mengancam kesehatan Anda jika tidak segera ditangani.

Menurut penelitian America Journal of Epidemiology, jika seseorang duduk lebih dari 6 jam per hari bisa meningkatkan 48 persen risiko kematian pada pria dan 96 persen pada wanita.

Dikutip dari Pencegahan dan Penanganan Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, jika Anda menghabiskan waktu duduk terlalu lama bisa meningkatan risiko penyakit jantung dan menghambat metabolisme tubuh.

“Ini artinya, kalau Anda duduk selama enam jam saja, manfaat olahraga kardiovaskuler yang Anda lakukan selama satu jam di pusat kebugaran akan hilang begitu saja,” jelas Dr Kevin Campbell, kardiolog dari North Carolina.

Saat posisi duduk, otot kaki tidak bisa berkontransi dan memompa darah secara efektif, sehingga aliran darah akan berkumpul di kaki dan menghambat perluasan darah.

Selain meningkatkan risiko terkena sakit jantung, duduk terlalu lama bisa menimbulkan efek lain, yakni nyeri otot, sakit pinggung, mudah stres, tubuh menjadi bungkuk, sakit pada leher, dan sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan duduk dalam waktu lama, Anda bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

  1. Usahakan kursi yang Anda gunakan memiliki sandaran;
  2. Lakukan peregangan setiap 30 menit sekali, berdiri, lalu mereganggan badan sejenak;
  3. Berjalan beberapa saat;
  4. Cobalah menggunakan tangga dibandingkan lift;
  5. Pergi ke meja karyawan untuk meregangkan otot-otot dan merilekskan pikiran. (C)
Baca:   Si Kecil Demam Karena Gigi Mau Tumbuh, Mitos atau Fakta?

Laporan: Elsa Claudia
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan