Sebanyak 69 Personil BKO Ditugaskan Amankan Pilkades di Wakatobi

  • Bagikan
Personil Dalmas Polres Buton saat tiba di pelabuhan Wakatobi (Foto: Ist)
Personil Dalmas Polres Buton saat tiba di pelabuhan Wakatobi (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 1 Juni 2021, sebanyak 69 orang personil Bawah Kendali Operasi (BKO) tiba di Wakatobi, Sabtu (29/5/2021).

Para personil BKO ini ditugaskan untuk melakukan pengamanan di 45 desa yang menyelenggarakan Pilkades di Wakatobi, terdiri dari 30 personil Dalmas Polres Buton, 36 personil Brimob Batauga, dan 3 personil Intel Polda.

Kabag Ops Polres Wakatobi, AKP Muzhadin mengatakan, 69 personil ini ditugaskan dan disebar ke 45 desa yang melaksanakan Pilkades di delapan kecamatan se- Kabupaten Wakatobi.

“36 personil Brimob stand by di Pulau Wangi-wangi sedangkan 30 personil Dalmas Polres Buton di Pulau Kaledupa untuk mengkaver Tomia dan Binongko bilamana dibutuhkan untuk memperkuatan, saat terjadi gangguan Kamtibmas jelang pelaksanaan Pilkades serentak,” kata AKP Muzhadin, Sabtu (29/5/2021).

Sementara Polres Wakatobi melibatkan sebanyak 120 personilnya untuk melakukan pengamanan Pilkades. Setiap personel akan di ltempatkan sesuai dengan kebutuhan kecamatan yang melaksanakan pemilihan.

BKO dari Polres Buton tiba di Wangi-wangi sekitar pukul 13:00 Wita dengan menggunakan kapal Lasalimu. Sementara BKO Brimob tiba pada sore hari dengan menggunakan kapal veri.

Direncakana besok pagi setelah pelaksanaan apel gabungan personil BKO dan personil Polres Wakatobi, akan dilaksanakan Show Of Forse (pamer kekuatan) sebagai bentuk kesiapan Polres Wakatobi untuk mengamankan Pilkades serentak di Wakatobi. 

Baca:   Dishub Kendari Siagakan Bus untuk Antisipasi Kepadatan Pemudik

AKP Muzhadin mengimbau, agar masyarakat Kabupaten Wakatobi selalu tertib dan menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pilkades itu, serta tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M (menjaga jarak, mencuci tangan, menggunakan masker, menghidari kerumunan, mengurang mobilitas). (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan