Sebuah Warkop di Kendari Hangus Terbakar, Pemiliknya Sempat Ditinggal Pulang Mandi

  • Bagikan
Petugas pemadam kebakaran Kota Kendari berjibaku memadamkan api yang membakar Warkop "Sebatas Kopi", Minggu (20 Maret 2022). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebuah warung kopi mini “Sebatas Kopi” di Jalan Buburanda, Kelurahan Korumba, Kota Kendari, sekitar traffic light hangus terbakar dilalap si jago merah sekira pukul 10.00 Wita, Minggu (19 Maret 2022).

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun salah satu saksi mata menuturkan melihat api mulai membesar dari arah belakang atau dapur warkop. 

“Saya menyebrang ambil tisu, pas saya balik di belakang saya liat asap besar dan terbakar dari arah dapur, langsung saya kasih tahu orang di rumah samping itu (rental mobil) ada kebakaran,” ujar Linda (32) penjual tisu di traffic light

Saksi lain karyawan rental mobil menyebut, penyebab kebakaran diduga arus listrik sebab sebelum terjadi ledakan nampak dari dalam warkop–api mulai menyebar.

“Sebelum ledakan tadi–sudah besar memang apinya, kayaknya arus listrik,” ucapnya.

Saat terjadinya kebakaran, warkop tidak ada penghuninya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah sebab beberapa barang berharga, seperti kursi, meja, kulkas, dan lainnya hangus terbakar hingga rata dengan tanah.

Sebelum terjadinya kebakaran, pemilik Warkop Andi Adri Alamsyah mengatakan paginya sempat datang membersihkan dan rencana mau buka. Sambil menunggu karyawan datang, pria 29 tahun ini pulang mandi di kediamannya di Kelurahan Anduonuhu. 

Baca:   Tingkat Hunian Kamar Hotel Bintang di Sultra Menurun, Plazainn Kendari Malah Meningkat

“Tidak ada orangnya ini kasian. Tadi pagi sempat saya datang membersihkan dulu, tapi saya pulang mandi, tapi pas saya tiba di rumah tidak enak perasaanku. Saya balik kembali tapi pas di jalan menuju ke sini saya liat asap besar, ternyata di sini,” jelasnya sambil sedih. 

Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kendari mengerahkan dua unit mobil. Butuh waktu 30 menit agar api bisa dijinakan. Namun apa daya, warkop sudah rata dengan tanah, tinggal menyisakan puing-puing bekas kebakaran. 

Pantauan jurnalis SultraKini.com, akibat peristiwa kebakaran ini arus lalu lintas di Jalan Buburanda sempat terjadi kepadatan. Namun tidak berlangsung lama.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan