Segera Hadir Anjungan Dukcapil Mandiri, Warga Sultra bisa Lebih Cepat Urus Administrasi

  • Bagikan
Kantor Disdukcapil Sultra. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara bakal meluncurkan anjungan dukcapil mandiri (ADM) guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Disdukcapil Sultra, Muhammad Fadlansyah, mengatakan rencananya ADM akan diluncurkan Februari 2022. Saat ini pihaknya masih menyiapkan konektivitas untuk menjangkau 17 kabupaten dan kota di Sultra.

“Barangnya sudah ada. Rencananya kita launching Februari dan paling lambat Maret,” ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu (12 Januari 2022).

Sistem ADM sedang dalam penyelesaian serta melakukan konsultasi dengan Pemerintah Pusat. Sementara mesinnya akan dipasang di Kantor Disdukcapil Sultra.

“Untuk sementara di kantor dulu karena keamanannya, takutnya di tempat umum tidak aman. Sekarang konektivitasnya baru Kota Kendari,” tambah Fadlansyah.

ADM merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan. Jadi dengan adanya mesin ADM tersebut, pelayanan akan lebih efisien dan cepat.

“Mesin ini dipergunakan untuk melakukan print out ulang bagi yang KTP-el-nya hilang atau KK tidak sesuai atau KIA, kutipan akta lahir dan kutipan akta kematian itu bisa di-print out, yang penting datanya update di Dinas Dukcapil,” jelasnya. (C)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

Baca:   Sulkarnain Minta Pengurus Pramuka Ikut Kampanyekan Jaga Kebersihan Kendari
  • Bagikan