Selamat… Dua Desa Wisata Asal Sultra Masuk 50 Desa Wisata Terbaik Indonesia 2022

  • Bagikan
Menparekraf, Sandiaga Uno.

SULTRAKINI.COM: Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akhirnya mengumumkan 50 desa wisata terbaik Indonesia 2022. Dari jumlah itu, dua desa asal Provinsi Sulawesi Tenggara termasuk di dalamnya.

Dilansir dari laman jadesta Kemenparekraf, sebanyak 50 desa wisata ditetapkan sebagai yang terbaik di Indonesia pada 2022. Desa-desa ini mengalahkan total 3.419 desa wisata yang terjaring dalam kompetisi tersebut.

Dan ternyata, terdapat dua desa wisata asal Provinsi Sultra termasuk di dalamnya, yakni Desa Wisata Limbo Wolio di Kota Baubau dan Desa Wisata Air Terjun Moramo Sumbersari di Kabupaten Konawe Selatan.

Menparekraf Sandiaga Uno, menjelaskan untuk menentukan 50 desa wisata terbaik 2022, rupanya sudah melalui serangkaian seleksi tahap akurasi, termasuk tujuh kategori penilaian dari dewan juri, yaitu daya tarik pengunjung, homestay, toilet umum, suvenir, digital dan kreatif, CHSE, serta kelembagaan.

Untuk itulah selama tahapan seleksi ditetapkan desa wisata yang masuk dalam nominasi 500 besar, 300 besar, 100 besar hingga ditetapkan 50 desa wisata terbaik Indonesia 2022.

“Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos tetap tingkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jandesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam menyusun rencana pembangunan desa wisata di Indonesia,” jelas Sandiaga, Rabu (27 April 2022).

Baca:   Sebanyak 26 Ribu Vial Vaksin Siap Disalurkan untuk Anak SD di Kota Baubau

Untuk diketahui, ADWI 2022 diadakan melalui kolaborasi Kemenparekraf dengan kementerian/lembaga lainnya dengan tujuan menumbuhkan semangat dan harapan dalam membangun pariwisata Indonesia dengan tema Indonesia Bangkit.

Sebelumnya, peserta ADWI 2022 membuka pendaftaran pada 19 Februari-31 Maret lalu. Dari total lebih dari 70.000 desa di Indonesia, sebanyak 3.419 desa wisata terjaring dalam anugerah tersebut hingga akhirnya terpilih 50 desa wisata terbaik 2022.

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan