Seluruh Calon Kepala Desa di Wakatobi Melakukan Deklarasi Pemilihan Damai

  • Bagikan
Deklarasi damai para Cakades, di Aula Kecamatan Wangi-wangi (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Deklarasi damai para Cakades, di Aula Kecamatan Wangi-wangi (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 1 Juni 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi bersama TNI/Polri menggelar deklarasi damai, Sabtu (29/5/2021).

Deklarasi damai Pilkades ini diikuti oleh para calon kepala desa (Cakades), panitia pemilihan, dan pengawas pemilihan.

Deklarasi tersebut diselenggarakan disetiap Kecamatan oleh Kapolsek, Danramil, dan Camat setempat.

Terdapat 11 poin yang ditandatangani yang jadi kesepakatan bersama antara Panitia Pilkades dengan para Cakades dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca).

Pilkades serentak ini diikuti oleh 45 desa di delapan kecamatan se- Kabupaten Wakatobi. Diantaranya di Kecamatan Wangi-wangi dari 14 desa  hanya 9 desa yang mengikuti Pilkades serentak.

Kapolsek Wangi-wangi Selatan, Iptu Idris Unga mengatakan, deklarasi ini diselenggarakan agar ada rasa kebersamaan calon kepala desa karena mereka berada dalam satu forum dan menyatakan akan menggelar Pilkades damai.

Menurutnya, deklarasi ini penting agar para Cakades bisa memberikan pemahaman kepada para pendukungnya untuk menjaga Pilkades tetap aman.

“Kita harapkan para Cakades bisa mengendalikan pendukungnya agar tidak melakukan hal-hal yang akan menimbulkan konflik. Mereka harus menjadi penyejuk, bukan provokator,” kata Idris Unga saat pembukaan deklarasi damai di Aula Kantor Kecamatan Wangi-wangi, Sabtu (29/5/2021).

Ditempat yang sama Camat Wangi-wangi, Harbiadi mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Bupati tentang pelaksanaan Pilkades ini telah terkonsultasi di Pemprov Sultra, sehingga 1 Juni 2021 telah final dilaksanakan Pilkades. 

Baca:   Pilkades Serentak 45 Desa di Wakatobi Bisa Ditunda Jika Terjadi PSU Pilkada

“Sehingga hari ini harus ada komitmen kita bersama untuk menyelenggarakan Pilkades yang jujur, adil dan damai. Siapapun yang kala harus terima dengan lapan dada,” ucapnya. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan