Semangatnya Warga Aere di Koltim Membangun Gereja Program TMMD, Bahkan Disabilitas Sukarela Membantu

  • Bagikan
Vely tampak membantu personel TMMD membangun Gereja Weare di Desa Rubia, Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Suppu termasuk gesit di mata personel Tentara Manunggal membangun Desa (TMMD) yang tengah membangun Gereja Weare di Kecamatan Rubia. Padahal pria 50 tahun ini adalah disabilitas.

Dengan terampil Vely panggilan akrab Suppu mengangkap skopnya menyendok tanah di sisi samping bangunan gereja. Ia berusaha meratakan pinggir bangunan gereja yang lebarnya sekitar 70 centimeter itu dibantu personel.

Sejak gereja yang masuk program fisik TMMD ini dikerjakan, ia dengan sukarela memberikan jasanya.

Anggota Pendim 1412 Kolaka, Pratu Juandi, menilai Vely begitu bersemangat membantu agar ruangan gereja bisa digunakan lebih nyaman. Sebab, gereja yang didirikan pada 2010 itu awalnya semi permanen dan sempit.

Kesungguhan Vely membaur dengan personel di satu sisi juga karena ia bagian dari jemaat Gereja Weare.

“Semangatnya luar biasa. Orangnya ramah. Terus kalau diperintahkan cepat gerakannya, nda pernah mengeluh,” jelasnya, Jumat (25/6/2021).

ibu alimazi

(Baca juga: TMMD Koltim Satukan Toleransi Beragama, Warga Muslim Ikut Gotong Royong Bangun Gereja)

(Baca juga: Kades Rubia Bersyukur Berkat TMMD Gereja Direnovasi, Jika Bisa Program Ini juga Diwujudkan)

Cerminan yang ditunjukkan Vely sungguh luar biasa. Di tengah keterbatasannya tunawicara, ia masih antusias membantu pekerjaan fisik tersebut. Padahal ia bukan warga setempat. Petani ini adalah warga Desa Aladadio, Kecamatan Aere.

Baca:   Progres Pembangunan Embung Program TMMD Semakin Jelas, Pertanian Warga Aere di Koltim akan Terima Pasokan Air

Gereja Weare merupakan satu dari total tiga item pokok program fisik TMMD Kodim 1412 Kolaka di Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim, Sulawesi Tenggara.

(Baca juga: Progres TMMD di Koltim Meningkat Signifikan, Masyarakat Tambah Antusias)

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan