Semarak HUT ke 77, TNI-AL Kendari Bersih-bersih Sampah di Laut hingga Fun Run

  • Bagikan
Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 tahun pada 10 September 2022, Pangkalan TNI-AL Kendari akan melakukan sejumlah kegiatan diantaranya, bakti sosial bersih-bersih pantai atau sampah laut, pemeriksaan kesehatan gratis, hingga fun run sejauh 7,7 kilometer di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Komandan Lanal (Danlanal) Kendari, Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, mengatakan, memperingati HUT ke-77 Lanal Kendari akan melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan lomba yang merupakan arahan langsung dari pimpinan TNI Angkatan Laut yaitu Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilaksanakan secara nasional.

“Diantaranya, lomba lari 7,7 kilometer yang dilaksanakan di 34 provinsi. Ini kenapa 7,7 kilometer karena dalam rangka merayakan kemerdekaan republik Indonesia yang ke 77. Kemudian dilaksanakan gerakan laut bersih nasional juga akan diikuti 34 provinsi di masing-masing wilayah. Kita akan pusatkan di Pantai Toronipa, TNI-Polri kita akan libatkan semua. Semua instansi maritim juga mendukung,” ungkapnya, Senin (5 September 2022).

Selain itu, lanjut dia, ada juga kegiatan penanaman jagung sebagai program ketahanan pangan nasional yang menjadi program pemerintah pusat Presiden Joko Widodo dan akan berlangsung secara nasional di 77 titik di seluruh Indonesia.

Baca:   Impor Sultra dari Afrika Selatan Turun 100 Persen

“Untuk penamaan jagung kita akan lakukan di ladang pertanian lapangan tembak Lanal di Moramo Utara, Konawe Selatan,” ujarnya.

Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Pabandya RWP Ban III Tahwilmar Spotmaral Mabesal ini, menjelaskan, seluruh kegiatan semarak HUT TNI-AL ini dimotori oleh Staff Umum Potensi Maritim TNI AL. Jadi ada 77 titik satuan komando kewilayahan dan satuan komando non kewilayaan ini dilaksanakan secara serentak.

“Satuan komando kewilayahan itu terdiri dari Armada, Lantamal, Lanal dan Posal, dan satuan jomando non kewilayahan seperti Korps Marinir, Poshidrosal, dan Kolinlamil. Itu semuanya turut serta menyukseskan kegiatan ketahanan pangan nasional,” terang putra daerah Sultra ini.

Kemudian, sambung Danlanal, ada kegiatan bakti kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat terutama pemeriksaan kesehatan gigi, mengingat pihaknya memiliki poli gigi di Lanal Kendari, termasuk pelaksanaan kegiatan sunatan massal di Pomal Lanal Kendari.

“Jadi ada program bakti kesehatan, gerakan laut bersih nasional, gerakan ketahanan pangan, satu lagi lari 7,7km dalam rangka memeriahkan HUT TNI AL. Tema tahun ini sama seperti tema HUT Nasional yaitu dengan bakti TNI AL mewujudkan Indonesia maju, Indonesia sehat dan Indonesia tumbuh,” tutup Danlanal.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan