Semarak HUT RI ke-76, Rutan Unaaha Gelar Lomba Mancing Mania

  • Bagikan
Lomba mancing mania dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke- 76 di kolam ikan Rutan Unaaha. (Foto: Ist)
Lomba mancing mania dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke- 76 di kolam ikan Rutan Unaaha. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Semarak HUT Kemerdekaan RI ke-76, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Unaaha Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mengadakan lomba mancing mania di Kolam Ikan hasil binaan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Unaaha, Senin (16/08/2021).

Lomba mancing ini diikuti hampir seluruh pegawai Rutan Unaaha, utamanya laki-laki.

Nuansa semangat kemerdekaan ditunjukkan oleh semua pegawai dengan menggunakan dresscode merah putih warna bendera Indonesia yang dikenakan dikepala maupun kostum lainnya seperti baju, membuat suasana seolah baru saja menggapai kemerdekaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Unaaha, Herianto mengatakan, di momentum HUT RI ke-76 ini Rutan Unaaha tetap terus aktif guna menyemarakkan hari kemerdekaan meskipun dalam susana pandemi. Salah satunya dengan lomba. Hal ini dimaksudkan agar tetap menjaga semangat juang warga binaan harus kuat agar keluar dari kondisi saat ini.

“Kemerdekaan itu milik bersama sebagaimana tema HUT kita tahun ini ‘Maju Bersama dan Unggul Bersama’, meskipun pandemi bukan berarti kita tidak bisa produktif,” kata Herianto, melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/8/2021).

Lomba mancing mania tersebut diikuti sekitar 30 peserta. Mereka akan memperebutkan berbagai macam hadiah berupa alat elektronik seperti kulkas, kipas angin, setrika, dan dispenser. Pemenang lomba ditentukan dari akumulasi jumlah berat ikan tiap perserta dengan waktu yang ditentukan.

Baca:   Harga Sayur dan Ikan Turun, Sultra Alami Deflasi Selama Agustus

Menurut Herianto, meski kegiatan ini bertajuk perlombaan, para peserta mengikutinya dengan santai dan saling bergurau satu sama lain sehingga suasana perlombaan tidak terasa tegang. Sehingga kebersamaan dan silaturahmi terjalin dengan baik.

“Mereka sangat antusias dalam kegiatan ini, meski bertajuk perlombaan, tapi aroma kompetisi tidak terasa,” ungkapnya.

Lanjut Herianto, lomba ini juga sebagai bukti bahwa petugas atau pegawai Rutan Unaaha berhasil membina WBP dalam budidaya ikan. 

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Pasalnya, ikan-ikan yang dilombakan tersebut merupakan hasil peliharaan dan dibesarkan oleh para narapidana Rutan Kelas IIB Unaaha. 

“Ini juga sala satu komitmen kami, dalam membina para WBP skill maupun bakat, sehingga kedepannya ia bisa terapkan di masyarakat setelah selesai menjalani masa pidananya,” ucap Herianto.

Selanjutnya, ikan hasil tangkapan dari lomba mancing itu akan dikonsumsi secara bersama-sama baik dari pihak-pihak Rutan Unaaha maupun para warga binaannya.

Sala satu peserta lomba mancing mania Ramhan, mengatakan, jika tujuan utamanya ikut lomba ini bukan semata-mata meraih juara akan tetapi kebersamaan dan kekompakan bersama dalam memeriahkan HUT RI tersebut.

“Menang kalah itu urusan belakangan hadiah itu tidak penting yang penting adalah kebersamaan dalam memeriahkan HUT RI ke 76 “ ungkap pegawai Rutan Unaaha itu.

Baca:   Targetkan Zero Narkoba, Tim Satopatnal Sidak Ruang Tahanan Rutan Unaaha

Diketahui, kegiatan lomba mancing mania yang diresmikan oleh Karutan Unaaha tersebut di mulai dari pukul 8.00 WITA dan berakhir pukul 10.30 WITA.

Adapun pemenang dari lomba itu yakni, peringkat I Supriono dengan perolehan ikan seberat 4,2 Kilogram; peringkat II Okta dengan perolehan ikan seberat 3,9 Kilogram; peringat III Herman dengan berat ikan 3,75 Kilogram.

Sedangkan juara harapan I diraih oleh Yono dengan berat ikan 3,56 Kilogram; harapan II Hasbullah dengan berat ikan 3,4 Kilogram, dan harapan III diraih oleh Tri Hadi pejabat Humas Rutan Unaaha dengan berat perolehan ikan 3,32 Kilogram. (B)

Laporan: Andi Nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan