Senin Dini hari, Kolaka Diguncang Gempa

  • Bagikan
Pantauan gempa di Kolaka oleh Stasiun Geofisika Kendari, Senin (11/3/2019). (Foto: BMKG)
Pantauan gempa di Kolaka oleh Stasiun Geofisika Kendari, Senin (11/3/2019). (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: Gempa bermagnitudo 3,2 mengguncang wilayah Kolaka, Sulawesi Tenggara pada Senin (11/3/2019) pukul 03:22:03 Wita. Guncangan ini dipicu aktivitas Sesar Kolaka di barat laut Kabupaten Bombana.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si, menerangkan gempa tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45,7 kilometer tenggara Kolaka, Kabupaten Kolaka atau 53,1 kilometer barat laut Rumbia, Kabupaten Bombana, Sultra, pada kedalaman 14 kilometer.

“Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan (sejumlah orang dan benda-benda bergoyang) di Kecamatan Poleang Utara, Kabupaten Bombana,” terangnya dalam keterangan tertulis, Senin (11/3/2019).

Jenis gempa merupakan jenis gempa bumi dangkal. Hasil permodelan menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga kini, belum ada laporan dampak kerusakan ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hingga pukul 07.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tambah Rosa.

Stasiun Geofisika Kendari sebelumnya mendeteksi gempa bermagnitudo 3,5 di wilayah Kabupaten Kolaka pada Sabtu (9/3/2019) pukul 16:49:11 Wita. Tepatnya, di darat pada jarak 15,8 kilometer tenggara Kolaka, kedalaman 10 kilometer.

Guncangan tersebut juga dipicu aktivitas Sesar Kolaka di tenggara Kabupaten Kolaka. Meski demikian, gempa tidak berpotensi tsunami.

Baca:   Naas, 3 Bocah di Kolut Meninggal Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan