Seorang Dosen Kehutanan UHO Pimpin Asosiasi Mikoriza Indonesia

  • Bagikan
Prof. Dr. Ir. Hj. Husna Faad, MP. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dosen Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Ir. Hj. Husna Faad MP terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Mikoriza Indonesia Pusat periode 2021-2023 dalam Kongres AMI 2021 yang digelar virtual, Sabtu (27/2/2021). Kongres sendiri dihadiri Pengurus Pusat, pimpinan cabang serta anggota AMI di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan kongres dilakukan untuk mengevaluasi pengurus periode 2016-2021 sekaligus pemilihan Ketua Umum AMI periode 2021-2023.

Setelah melalui proses pemilihan, Prof. Husna terpilih secara aklamasi dalam forum kongres dan ditetapkan sebagai Ketua Umum AMI. Guru Besar UHO dipilih secara aklamasi lantaran dinilai mendedikasikan diri untuk meneliti mikoriza dan produktif publikasi nasional dan internasional.

“Terpilih sebagai Ketua Umum, Prof Husna telah memiliki rencana program kerja AMI ke depan,” terang Prof Irdika.

Prof Husna menarwarkan penguatan organisasi melalui pembentukan cabang dan konsolidasi internal. Termasuk pembentukan website AMI, database peneliti maupun praktisi Mikoriza, database penelitian dan publikasi, serta silaturahim melalui WAG Mikoriza Indonesia.

“Program kerja lainnya, yakni penguatan SDM melalui seminar nasional maupaun internasional, workshop/pelatihan, pembentukan jurnal ilmu dan teknologi mikoriza, serta penulisan buku dan program,” terang Prof Husna.

Tidak sampai di situ, mantan Dekan Fakultas Pertanian periode 2000-2004 UHO ini masih memiliki program kerja lainnya seperti pengabdian kepada masyarakat melalui pembentukan jejaring daerah dan nasional, gerakan nasional penanaman pohon terancam punah bermikoriza. Termasuk mensosialisasi mikoriza pada guru-guru SMK Pertanian, Kehutanan, Peternakan, dan masyarakat.

Baca:   Kampus Digandeng Cegah Terorisme

“Terima kasih kepada forum kongres atas kepercayaan yang diberikan. Saya mengharapkan kerja sama seluruh anggota AMI,” ucapnya.

Diketahui, AMI merupakan perkumpulan para peneliti cendawan mikoriza seluruh Indonesia.

Mikoriza sendiri adalah mikroorganisme yang dapat bersimbiosis dengan perakaran tanaman. Simbiosis yang terbentuk merupakan simbiosis mutualisme dalam upaya perbaikan perkembangan dan produksi tanaman pertanian, hortikultura, perkebunan, kehutanan, dan pakan ternak.

Sebagai informasi, dosen kelahiran Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah ini bekerja sebagai dosen Fakultas Pertanian UHO sejak 1986-2012 dan Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan sejak 2013 sampai sekarang. Pada 1997-2000, Prof. Husna menjadi pembantu Dekan II Fakultas Pertanian dan 2000-2004 menjadi Dekan Fakultas Pertanian UHO.

Tahun 2003 sampai sekarang, Prof. Husna menjadi Ketua AMI Cabang Sultra. Dan sejak 2007 menjadi Koordinator AMI Pusat bagian Timur Indonesia.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan