Seperti Apa Tari Sajo Moane yang Menyambut Kedatangan Presiden Jokowi di Wakatobi?

  • Bagikan
Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana disambut pertunjukan Tari Sajo Moane di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Kamis (9 Juni 2022). (Foto: Setkabgoid)

SULTRAKINI.COM: Seusai turun dari pesawat, Presiden RI Joko Widodo bersama istri disambut Tarian Sajo Moane, tari khas Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kekentalan budaya juga nampak saat Jokowi mendapat kalung dari kain tenunan serta penutup kepala Kampuru. Namun tahukah kamu seperti apa Tari Sajo Moane?

Di setiap daerah di Indonesia memiliki tarian khas untuk menyambut tamu kehormatan. Salah satunya di Kabupaten Wakatobi, Sultra bernama Tari Sajo Moane atau Tari Eja-Eja.

Dilansir dari berbagai sumber, Tarian Sajo Moane merupakan khas tarian yang hanya dapat dijumpai di selatan Pulau Kaledupa dan di utara Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi.

Sajo Moane kabarnya dimainkan harus para laki-laki. Tarian ini pada umumnya dilakukan oleh 20 orang anak sekolah dasar dalam menyambut para tamu yang datang berkunjung baik tamu pemerintah daerah ataupun tamu domestik dan mancanegara.

Tari Sajo Moane sendiri diiringi musik khas dari gendang. Pada masa lalu, Tarian ini ditampilkan untuk menyambut kepulangan para prajurit kerajaan dari medan perang. Selain itu, memiliki makna merah-merah.

Salah satu penari Sajo Moane akan memberikan aba-aba dengan meneriaki kata “Lelekooo!”. Dan selanjutnya, mereka akan membentuk sebuah formasi perang yang dilengkapi senjata berupa parang dan tameng. Sekelompok anak-anak ini akan berjingkrak sembari memutarkan parangnya, serta membentuk posisi bertahan dan juga menyerang.

Baca:   KPU Sultra Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Wakatobi

Kemudian untuk lebih terlihat lebih nyata dan menarik, para penari akan terbagi menjadi dua kelompok, seperti dua pasukan yang seolah-olah siap untuk berperang. Selanjutnya peragaan akan dilanjutkan dengan saling menyerang satu sama lain menggunakan senjata mereka dan melakukan pertahanan dari masing-masing dua kelompok tersebut. (C)

(Baca juga: Bonceng Ibu Negara, Presiden Jokowi Kendarai Motor Listrik Pergi ke Mola Raya Wakatobi)

Laporan: Rohiyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan