Serba-serbi Millennial Road Safety Festival di Konawe dan Butur

  • Bagikan
Millennial Road Safety Festival di Konawe, Minggu (17/3/2019). (Foto: Ulul Azmi/SULTRAKINI.COM)
Millennial Road Safety Festival di Konawe, Minggu (17/3/2019). (Foto: Ulul Azmi/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Sejumlah komunitas motor di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara meramaikan Millennial Road Safety Festival, Minggu (17/3/2019). Kegiatan ini merupakan edukasi terhadap kalangan milenial tentang tertib berlalu lintas.

Komunitas motor yang terlibat, misalnya Motor Vixion Anoa Chapter Butur (VAC) dan Motor Vespa Butur.

“Kegiatan ini bertujuan bagaimana berkolaborasi menciptakan berkendara dengan baik, khususnya kaum milenial,” ujar Ketua Vixion Anoa Butur, Dedi, Sabtu (16/3/2019).

Millennial Road Safety Festival dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya, seperti jalan santai, lomba berkendara santai, dan doorprize.

Sejumlah komunitas turut memeriahkan Millennial Road Safety Festival di Butur. (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)
Sejumlah komunitas turut memeriahkan Millennial Road Safety Festival di Butur. (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)

Data Polres Muna, kecelakaan berjumlah 75 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia 32 orang, luka berat satu orang, luka ringan 99 orang, dengan kerugian material mencapai Rp 213.000.000 pada 2018.

Wilayah hukum Polres Muna, mencakup Kabupaten Muna, Muna Barat, dan Kabupaten Buton Utara.

Milenial menjadi target utama safety festival karena angka kecelakaan lalu lintas didominasi kalangan tersebut atau usia produktif dari 17 tahun sampai 36 tahun.

Polri menilai, rata-rata 100.000 kecelakaan lalu lintas terjadi di Indonesia setiap tahunnya. Sedangkan penurunnya tidak signifikan.

KONAWE
Millennial Road Safety Festival juga terselenggara di Kabupaten Konawe, Minggu (17/3/2019). Bertemakan mewujudkan milenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang, ribuan masyarakat memadati kawasan Pos Lantas Unaaha.

Baca:   Wabup Konawe Ngotot Bulog Harus Beli Hasil Panen Petani, Nurhayati: Pemerintah bisa Rugi

Sejumlah pejabat turut hadir di festival, di antaranya Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Kapolres Konawe AKBP Muh Nur Akbar, Kepala Kejari Konawe Jaja Raharja, perwakilan dari Rutan Unaaha, dan pejabat lainnya.

Puluhan ribu kupon berhadiah semakin memeriahkan acara.

Di kesempatan ini pula, kepala daerah mengimbau masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang dan selalu menjaga persatuan untuk membangun daerah.

“Perlu saudara-saudara tahu, tempat kita berkumpul ini sejak turun-temurun di sebelah timur kita adalah wilayah tamolosono oleo, di sebelah barat tamo tepuliano oleo, di sebelah selatan adalah barata moeli, dan di sebelah kiri kita adalah barata ihana. Mari bersatu padu untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Konawe,” ujar Gusli Topan Sabara.

Setelah acara, dilanjutkan pemukulan gong, pembacaan ikrar milenial oleh empat orang perwakilan dari SMAN 1 Unaaha, molulo massal, hiburan artis ibu kota, serta ditutup dengan pembagian kupon undian jutaan rupiah.

Laporan: Ardian Saban&Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan