Serikat Karyawan PT VDNI dan OSS Gelar Silaturahmi Akbar Tingkatkan Etos Kerja

  • Bagikan
HRD Pimpinan Site PT. VDNI dan PT OSS, Mr Liu Wen Bin (tengah) usai memberikan piagam penghargaan kepada karyawan PT VDNI dan OSS yang berprestasi di bidang olahraga didampingi oleh kedua Ketua Sekar. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Serikat Karyawan (Sekar) PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) menggelar silaturahmi akbar dan pemberian penghargaan kepada karyawan berprestasi disalah satu hotel di Kendari pada Selasa, 20 Desember 2022 malam.

Mengusung tema “Revitalisasi Perjuangan Buruh atau Karyawan dengan Menjunjung Tinggi Optimisme dan Etos Kerja Menghadapi Modernisasi Global” silaturahmi akbar ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama pekerjaan atau karyawan dengan pimpinan manajemen dan meningkatkan solidaritas dan etos kerja karyawan yang unggul.

loker wartawan sultrakini

Adapun karyawan dari PT VDNI dan PT OSS yang mendapatkan penghargaan pada kesempatan ini merupakan karyawan yang telah berhasil mengharumkan nama perusahaan pada ajang olahraga yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Sultra (Disnakertrans Cup) maupun pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Kota Baubau. Mereka berjumlah 17 orang.

Karyawan-karyawan tersebut mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan, diantaranya, 1 orang atlet ketangkasan alat berat askavator, 6 orang atlet bola voli, 1 orang atlet Takraw (Porprov), dan 9 orang atlet futsal.

HRD Pimpinan Site PT. VDNI dan PT OSS, Mr Liu Wen Bin, mengaku sangat mengapresiasi silaturahmi akbar dua serikat pekerja ini. Apalagi melihat perkembangannya sangat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Baca:   Penduduk Sultra yang Sudah Menikah Lebih Bahagia

“Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada ke dua serikat pekerja yang selama ini telah bekerjasama mendukung semua kegiatan usaha dan berkontribusi positif,” kata Mr Liu melalui Juru Penerjemahnya, saat menyampaikan sambutan.

Dia juga tidak lupa menyampaikan apresiasinya kepada para karyawan yang telah berprestasi pada ajang olahraga.

Mr Liu berharap agar pada tahun 2023 mendatang ke dua serikat karyawan yang dibawahi oleh Muhammad Odon Serikat PT OSS dan Bahar Serikat PT VDNI bisa semakin berkembang dengan cepat, meningkat, dan semakin baik demi kemajuan perusahaan.

Sementara itu, kedua Ketua Serikat Karyawan PT VDNI dan PT OSS, Bahar dan Muh. Odon, mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi akbar ini semata-mata dilaksanakan sebagai wadah silaturahmi para karyawan atau buruh, untuk meningkatkan profesionalitas kerja, solidaritas, dan etos kerja karyawan.

“Melalui momentum silaturahmi akbar dan pemberian penghargaan kepada karyawan-karyawan berprestasi ini semoga semakin mempererat hubungan tali silaturahmi maupun hubungan kerja antar karyawan maupun dipihak manajemen. Semoga ke depannya semakin baik dan memberikan kontribusi besar kepada karyawan maupun perusahaan,” kata Odon mewakili.

Dia menyampaikan bahwa kehadiran Sekar ini meski baru tiga tahun tapi sangat bermanfaat sebagai wadah karyawan, baik dalam menyelesaikan atau memediasi permasalahan buruh dengan manajemen maupun hal lain, seperti pemberhentian hubungan kerja (PHK) sepihak.

Baca:   DPRD Sultra Ajukan 7 Rekomendasi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020

“Sebagai contoh, ada beberapa karyawan yang bermasalah dengan divisinya masing-masing dan sudah mau dikeluarkan oleh perusahaan, melalui Sekar ini bisa memediasi melakukan negosiasi, selama pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan masih bisa ditolerir sehingga sampai sekarang mereka masih tetap dipekerjakan,” terangnya.

Tapi jika ada kesalahan-kesalahan di luar dari kebijakan atau tata tertib kerja perusahaan, seperti mencuri, baku pukul, mengganggu hubungan kerja dan merugikan perusahaan tidak dapat dimediasi oleh serikat ini. Berdasarkan catatan Sekar PT OSS, mulai Juli 2022 hingga sampai saat ini sudah ada 160 kasus buruh atau karyawan yang berhasil dimediasi oleh serikat dengan pihak manajemen perusahaan, baik kasus buruh yang sudah berhimpun maupun diluar anggota.

Begitu juga dengan catatan Sekar PT VDNI ada sekira 300 kasus karyawan atau buruh yang sudah diselesaikan dan dimediasi sejak dibentuk.

“Kebanyakan itu permasalahan yang sering kita dapatkan soal absensi kehadiran dan juga miskomunikasi antara buruh dan pihak manajemen, misalnya, ada surat keterangan sakitnya tapi tidak sampai kepada pihak manajemen, itu kadang-kadang menjadi permasalahan, permasalahan seperti itu masih bisa dimemediasi,” jelasnya.

Muhammad Odon menyebutkan, sampai saat ini jumlah karyawan yang sudah berhimpun di Serikat PT OSS sudah berjumlah sekira 5.700 karyawan. Bahar juga menyebutkan di PT VDNI kurang lebih sebanyak 4.500 karyawan juga sudah berhimpun di Serikat.

Baca:   Bendungan Mini di Koltim Capai 83 Persen, Dandim 1412 Kolaka: Progresnya Lebih Cepat dari Target

Olehnya itu, Odon mengimbau kepada seluruh pekerja atau karyawan di PT OSS maupun PT VDNI yang belum berhimpun atau berserikat agar segera berhimpun bersama melalui wadah ini agar kedepannya ketika ada permasalahan ada “jembatan” untuk menuntut kesejahteraan ataupun hal-hal lain berkaitan dengan pekerjaan salama menjadi karyawan.

Ke dua Serikat ini juga berharap ke depannya bisa semakin memberikan kontribusi besar kepada perusahaan, baik dalam segi kenyamanan kerja maupun hal lain yang berkaitan dengan visi misi perusahaan sebagai salah satu proyek strategis nasional di Sultra.


Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan