Sering Terkena Hujan, Berikut 7 Tips Merawat Motor

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Waode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Perawatan ekstra di kala musim hujan perlu dilakukan bagi kamu pemilik kendaraan bermotor. Selain terhadap mesinnya, bodi motor juga harus ada perhatian khusus.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips perlu diketahui untuk merawat motor saat musim hujan:

  1. Cuci motor

Usahakan selalu mencuci sepeda motor setelah diguyur hujan. Kandungan zat asam yang terdapat pada air hujan dapat mengurangi kilau cat motor. Jika tidak memiliki waktu untuk mencuci motor, anda bisa mengguyur seluruh bodi motor dengan air bersih atau air tawar untuk mencegah timbulnya karat akibat diguyur hujan.

  1. Periksa kondisi ban

Setelah sepeda motor melewati genangan air hujan atau banjir, segera periksa tekanan udara ban motor. Ketika tekanan udara ban motor kurang, permukaan ban akan bersentuhan langsung dengan jalan, hal ini dapat membuat tarikan motor menjadi berat dan mempercepat ban motor menjadi tipis.

  1. Periksa kondisi rem

Kampas rem terbuat dari bahan asbes dan bila terkena air hujan akan mengeras saat kering dan pedal rem terasa keras saat diinjak. Oleh karena itu, setelah motor terkena hujan atau dicuci sebaiknya sering-sering menginjak pedal rem agar kanvas kering. Selain itu, harus selalu membersihkan bagian rem cakram karena bagian ini bersifat terbuka.

  1. Selalu panaskan mesin
Baca:   Manajemen Astra Motor Turun Langsung Salurkan Bantuan Gempa Ambon

Ketika motor terkena air hujan, mesin akan dingin sepenuhnya. Oleh karena itu, sebaiknya mesin harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika tidak memanaskan mesin akan terjadi turun mesin dan kondisi motor pun cepat rusak.

  1. Periksa komponen kelistrikan

Selain merusak mesin, air hujan berpotensi masuk ke dalam mesin motor hingga menyebabkan konsleting listrik pada lampu, klakson, dan kabel-kabel lainnya.

  1. Membersihkan busi motor

Setelah motor terkena hujan atau dicuci, busi menjadi komponen yang perlu diperhatikan karena menghambat pengapian motor ketika dinyalakan. Untuk menghindari hal itu, bersihkan busi motor dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi kemudian tiup atau dibersihkan dengan lap.

  1. Bersihkan knalpot motor

Kotoran air hujan akan menempel pada bagian dalam knalpot yang dapat merusak sistem pembuangan pada motor dan tidak berfungsi dengan baik. Sebaiknya, bersihkan knalpot dengan cara semprotkan oli ke bagian knalpot dan olesi bagian leher knalpot lalu panaskan kembali motor anda. (C)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan