Serunya Belajar Mandiri Melalui Aktivitas di Luar Sekolah

  • Bagikan
Mabit SDIT Insantama Kendari di Desa Margacinta, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: Ihlan Sutari/SULTRAKINI.COM)
Mabit SDIT Insantama Kendari di Desa Margacinta, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. (Foto: Ihlan Sutari/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pembelajaran di lingkungan sekolah merupakan bagian penting mendidik anak sejak dini. Tak jarang pihak sekolah mengkolaborasikannya dengan aktivitas di luar ruangan untuk mengasah kemampuan psikomotorik peserta didik. Hal inilah digunakan SDIT Insantama Kendari dalam kegiatan Malam Bina Iman Takwa (Mabit) di Desa Margacinta, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan.

Sebanyak 58 murid kelas 4 dan kelas 5 SDIT Insantama Kendari berkumpul di desa tersebut guna menggelar Mabit. Dibantu para guru, sejumlah aktivitas dilakukan secara mandiri oleh murid, seperti lomba masak, bermain bola api, berkunjung ke kebun hortikultura, menanam padi di sawah, ke kolam ikan, dan salat Tahajud. Kegitan seru ini pun didukung orang tua murid yang tergabung dalam Forum Orang Tua Siswa.

“Kegiatan Mabit rutin tiap 6 bulan sekali (selama 3 hari), menjadi salah satu unggulan kegiatan di SDIT Insantama Kendari. Mabit dilakukan di luar dekolah karena siswa akan mampu mengimplementasikan teori-teori di ruang kelas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah,” jelas Ketua Panitia Mabit, La Agus, Jumat (22/2/2019).

Dikatakannya, kegiatan tersebut berlangsung dua kegiatan dalam satu tahun pembelajaran, yakni semester ganjil untuk matrik kelas rendah di lingkungan sekolaj dan semester dua matrik kelas tinggi di luar sekolah.

Baca:   Perjuangan Kepsek yang Jemput Muridnya ke Sekolah

“Kami senang berada dan ikut kegiatan Mabit ini karena akan merubah semangat belajar kami,” ujar Seorang murid dalam kegiatan tersebut, Abdilah.

Laporan: Ihlan Sutari
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan