Set Top Box TV Digital Dilengkapi Fitur Awas Bencana

  • Bagikan
Direktur Penyiaran Kemkominfo, Geryantika Kurnia. (Foto: Potongan Video Zoom Meeting)
Direktur Penyiaran Kemkominfo, Geryantika Kurnia. (Foto: Potongan Video Zoom Meeting)

SULTRAKINI.COM: Keunggulan siaran TV Digital bukan hanya pada tampilan visual dan suara yang lebih jernih dibanding siaran TV Analog, tetapi juga mampu memberikan peringatan bencana di suatu daerah.

Direktur Penyiaran Kemkominfo, Geryantika Kurnia, mengatakan dengan menggunakan Set Top Box (STB) terverifikasi Kominfo masyarakat akan mendapat peringatan bencana pada layar televisi apabila di wilayahnya terindikasi bencana alam yang dideteksi BMKG atau lembaga pemerintah yang berwenang.

“STB yang sudah terverifikasi ini adalah program yang kalau ada gempa bumi atau (bencana) apapun maka TV nya akan diberhentikan dan ada pemberitahuan bahwa daerah tersebut ada gempa, jadi masyarakat sudah siap-siap,” terang Geryantika, Kamis (9 Juni 2022).

Fitur Early Warning System (EWS) ini akan memberikan peringatan bencana pada suatu daerah sesuai dengan kode pos yang dimasukkan saat setting STB pada Televisi Analog. Oleh karena itu, masyarakat dianjurkan memasukan kode pos yang tepat pada STB sehingga mendapat informasi yang akurat berdasarkan kondisi wilayahnya masing-masing.

“Jangan sembarang memasukan kode pos, kalau tidak tahu browsing di internet,” katanya.

Geryantika berharap kedepannya akan ditambahkan fitur-fitur lain yang interaktif sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan Kemkominfo dapat meningkatkan pelayanannya dalam penyiaran televisi. (C)

Baca:   Lindungi Tontonan Anak dengan Fitur Parental Lock pada Set Top Box TV Digital

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan