Setelah Dikukuhkan HIPTI akan Cetak Pengusaha Muda dan Ciptakan Lapangan Kerja

  • Bagikan
Pelantikan Pengurus HIPTI. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pengurus Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) resmi dikukuhkan. Pengukuhan himpunan para pengusaha Tolaki tersebut diawali dengan upacara adat Tolaki di Kota Kendari, Senin (29/3/2021).

Ketua Panitia, Sarmadan Hamid, mengatakan HIPTI sebagai wadah para pengusaha Tolaki dengan landasan nilai-nilai luhur adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat Tolaki.

“Tujuan pendirian HIPTI pertama, yaitu untuk mewadahi kelompok-kelompok pengusaha Tolaki di seluruh penjuru nusantara. Kedua, sebagai pemberdayaan kelompok pengusaha Tolaki. Ketiga, untuk membangun hubungan kemitraan antara masyarakat, swasta, investor dan pemerintah. Empat, mendorong lapangan usaha dan lapangan kerja UMKM masyarakat Tolaki serta meningkatkan keahlian dan keterampilan generasi muda,” jelasnya.

Ketua HIPTI Sultra, Muhamad Alkobar, menambahkan HIPTI terbentuk berdasarkan hasil musyawarah Departemen Pengembangan dan Pemberdayaan Potensi SDM LAT Sultra. Organisasi tersebut dideklarasikan pada 20 Februari 2021 yang berada di bawah naungan DPP LAT Sultra dengan semangat kekeluargaan, persatuan, dan perudaraan.

“Terbentuknya HIPTI berangkat dari rasa persaudaraan serta rasa kebersamaan samaturu antara sesama anak Tolaki yang merupakan landasan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Tolaki, sebagai masyarakat yang terbuka dan memiliki potensi yang perlu disatukan dalam himpunan pengusaha,” ujarnya.

Dikatakan, HIPTI terhimpun setelah elemen kegiatan generasi muda dan kader-kader potensi anak Tolaki yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti jasa konstruksi, investasi, pertambangan dan energi dan UMKM.

“Sampai saat ini, kami anak-anak daerah belum maksimal dilibatkan dalam pemanfaatan potensi-potensi sumber daya alam yang ada. Sementara sumber daya manusia yang ada saat ini pasti mampu bersaing,” tambahnya.

Baca:   Kolaborasi Lima Penulis Kendari Bukukan Pantun Tolaki Versi Indonesia

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Pusat Lembaga Adat Tolaki (LAT), Masyhur Masie Abunawas, menerangkan HIPTI merupakan satu wadah uang menghimpun seluruh elemen pengusaha Tolaki yang lahir dan merasa terpanggil untuk berperan aktif dalam memberikan kontribusi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Sultra.

“HIPTI ke depan diharapkan mampu mencetak para pengusaha yang bisa menciptakan lapangan kerja di Sultra. HIPTI juga diharapkan menjadi mitra pemerintah untuk membantu memajukan UMKM,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Sultra, Nur Endang Abbas, mengatakan pengusaha merupakan pilar ekonomi sehingga HIPTI diharapkan dapat mencetak para pengusaha yang bisa menciptakan lapangan kerja di Sultra.

“Saya berharap, HIPTI dapat turut berperan serta dalam pembangunan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan