Sharing Anggaran, 31 Guru di Kendari Ikut PPG

  • Bagikan
Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kendari, Amran. (Foto: Muh Yusuf /SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Berdasarkan hasil prestesi dan seleksi administrasi, 31 guru di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Mereka akan mengikuti proses PPG sekitar empat bulan sebelum mengikuti ujian akhir.

Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kendari, Amran, mengatakan peserta PPG akan mengikuti empat kegiatan yang pembiayaannya dari sharing  APBN dan APBD. Kegiatan awal diisi pendidikan secara online selama dua bulan, tatap muka satu bulan, praktik pengalaman lapangan di sekolah mitra atau sekolah mereka mengajar satu bulan, dan ujian tutup.

“Dari 31 orang peserta PPG di Kendari, satu orang sementara dalam proses PPG, sementara 30 lainnya masih menunggu jadwal. Rencananya, PPG 2019 ini terbagi lima angkatan. Angkatan pertama satu guru dari Kendari. Sementara 30 lainnya menunggu namanya terdaftar pada empat angkatan berikutnya,” jelas Amran, Rabu (6/2/3019).

Terkait penganggaran kegiatan pelatihan tersebut, yakni menggunakan dana sharing dengan porsi 46 persen APBN dan 54 persen APBD dengan pembagian 14 peserta dibiayai dari APBN dan 17 peserta memanfaatkan APBD.

“Total biaya pendidikan yang dibiayai pemerintah Rp 7,5 juta per orang. Sementara biaya personal lainnya dibebankan pada para peserta PPG,” terangnya.

Baca:   Kuota CPNS 2019 di Kendari 97 Orang, Berikut Formasinya

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan