“Si Kompak” Dijadikan Maskot Pilkada Kolaka 2018

  • Bagikan
Maskot Pilkada Kolaka 2018. (Foto: Mirwan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Maskot pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka 2018, ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah berdasarkan hasil penilaian tim juri. Maskot juga telah dilaunching pada 7 Oktober 2017 di lapangan 19 November Kolaka.

Ketua KPUD Kolaka, Lukman menjelaskan maskot terdiri dari sepasang pria dan wanita yang diberi nama “Si Kompak” atau Si Kolaka Mombile Pamarendano O’Kambo, artinya orang Kolaka memilih pemimpin daerah.

“Ini bermakna bahwa masyarakat Kolaka siap menjemput pesta demokrasi Pilkada Kolaka dengan penuh kegembiraan,” jelas Lukman, Senin (9/10/2017).

Desainer pemenang maskot atas nama Kasim Bosmadi, warga Kolaka ini, mengambil tema kesenian budaya tarian tadisional Mekongga yakni Tarian Mondotambe atau tarian penjemputan. Pria dan wanita pada maskot masing-masing mengenakan pakaian dari tenunan khas Tolaki-Mekongga. Warna orange pada kain melambangkan ciri khas warna KPU. Ada juga perpaduan warna kuning, hitam, dan merah pada kain sebagai warna khas Suku Mekongga. Diantara pria dan wanita tersebut, terdapat kotak suara bertuliskan Komisi Pemilihan Umum beserta logonya yang menandakan pihak KPU sebagai penyelenggara Pilkada Kolaka 2018


Laporan: Mirwan/Suparman Sultan

Baca:   DPRD Puji Laporan Anggaran Bupati Kolaka 2016
  • Bagikan