Siapa Tahu Itu Stroke, Coba Deteksi dengan FAST

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: IdoSK)

SULTRAKINI.COM: Stroke bisa menyerang siapa saja dan secara mendadak. Tindakan cepat dan tepat, serta deteksi dini menjadi pilihan pertama bisa dilakukan. Salah satunya metode Face, Arm, Speech, Time atau disingkat FAST.

Dilansir dari Infopublik, deteksi gejala awal stoke bisa dilakukan dengan langkah FAST.

Face yaitu gejala yang dilihat dari wajah seseorang yang tampak tidak normal, seperti turun sebelah dan tidak simetris.

Arm adalah gejala stroke dilihat dari lengan seseorang yang menjadi lemah. Gejala ini nampak ketika kedua lengan diangkat ke atas dan tingginya tidak sama.

Sementara Speech merupakan gejala stroke dilihat dari cara bicara seseorang yang menjadi sulit, tidak jelas, bahkan tidak bisa bicara.

Terakhir Time, yakni tindakan untuk saatnya seseorang tersebut dibawa ke rumah sakit.

Dirut Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, dr. Mursyid Bustami, Sp.S(K) menjelaskan apabila gejala terakhir tersebut terdeteksi, penderita dipastikan orang itu terkena stroke dan harus segera dibawa ke rumah sakit.

“Jadi orang lagi beraktivitas tiba-tiba tangannya lemah sebelah, tiba-tiba ngomongnya tidak benar, wajahnya kok turun sebelah gitu. Kalau ada seseorang terkena gejala stroke, siapa pun dan kapan pun itu datanglah ke RS. Jangan bilang ringan atau nanti akan sembuh sendiri, tidak seperti itu,” ucapnya yang dikutip, Jumat (10/9/2021).

Baca:   Presiden RI: Tidak Ada Ruang Bagi Terorisme

dr. Mursyid menambahkan, dengan mengenal gejala-gejala tersebut sudah banyak pertolongan terhadap pasien stroke.

Apa juga gejala lainnya bisa dideteksi, yaitu tiba-tiba pusing atau tiba-tiba tidak bisa melihat dan sakit kepala yang sangat hebat.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan