Siapkan Monetisasi Baru, Arkadia Digital Media Luncurkan Platform Video Clickmov

  • Bagikan
Sesi pemotongan tumpeng dalam rangka HUT ke-8 Suara.com dan peluncuran platform video Clickmov.com oleh Komisaris Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Stephen K Sulistyo (kanan) dan Pemimpin Redaksi Suara.com sekaligus Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono, Jumat (11 Maret 2022). (Foto: Angga Budiyanto/Suara.com)

SULTRAKINI.COM: Peluang monetisasi konten video bagi konten kreator maupun publisher bertambah. PT Arkadia Digital Media Tbk meluncurkan platform video Clickmov.com untuk membantu para pembuat video menyebarluaskan informasi sekaligus mendapat manfaat seperti monetisasi.

Peluncuran tersebut berbarengan dengan perayaan HUT Sewindu Suara.com pada 11 Maret 2022 malam secara hybrid di kantor Suara.com, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Sebelum itu, acara diawali workshop dengan topik Tips Kreatif Membuat Konten Video hingga Mendapatkan Penghasilan Ciamik dengan narasumber Lexy Rambadetta, sutradara video dokumenter dan pemilik Jakartanicus.

Platform video Clickmov tidak saja menyajikan konten-konten video produksi sejumlah media di bawah grup Arkadia Digital Media, tetapi menampung dan menyajikan konten-konten buatan pengguna dari publik, juga publisher media lokal, media partners maupun konten kreator khusus video.

“Kehadiran Clickmov akan melengkapi platform video lain. Perbedaan Clickmov dengan platform lain adalah konten yang tayang terkurasi oleh team, monetisasi berbeda dan menggunakan player berbeda, sehingga tidak akan berbenturan dengan platform yang sudah ada seperti Youtube, Facebook video, Tiktok maupun platform video lain. Ini akan menambah peluang penyebaran hingga monetisasi,” jelas Direktur PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono.

Dia juga menyampaikan, kehadiran Clickmov melengkapi platform yang dimiliki PT Arkadia Digital Media Tbk. Tahun lalu perusahaan induk Suara.com ini meluncurkan Yoursay.id, platform konten buatan pengguna yang memungkinkan para konten kreator menayangkan karya-karya mereka. Pertumbuhan Yoursay sangat pesat, setahun setelah peluncuran mempunyai jumlah anggota 56 ribu, yang sebagian besar konten kreator. Jumlah konten yang dipublish mencapai ratusan setiap hari dengan trafik 40 juta per bulan.

Baca:   Jasa Raharja Percepat Penyelesaian Santunan Meninggal Dunia Korban Kecelakaan

Sebelumnya, Arkadia juga sudah meluncurkan platform Iklandisini.com, layanan pemasangan iklan secara mandiri. Masyarakat bisa memasang iklan ke media-media terpilih dengan harga terjangkau dan layanan laporan pascapemasangan iklan memuaskan.

Platform lain, Serbada.com, sebuah platform news-commerce. Kelebihan platform ini menggabungkan news dan e-commerce yang memberikan ulasan hingga akusisi atas produk-produk berkualitas.

Ditambahkan Suwarjono, konten video adalah salah satu konten unggulan di masa depan sehingga media publisher harus mencari cara untuk mengembangkannya. “Kami mengajak publik, para konten kreator, maupun sejumlah media partners untuk bergabung, namun dengan kurasi tim redaksi. Ini penting untuk menjaga kualitas tayangan,” ujar Jono.

Ke depan, Clickmov tidak hanya menayangkan karya pengguna, namun memberi pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. “Kami sudah merencakan memberikan training ke para konten kreator maupun komunitas, baik secara online maupun offline di wilayah mereka sehingga bisa langsung dipraktikkan. Kami juga akan terus melakukan pendampingan kepada para partners nantinya,” ucap Suwarjono.

Kantor Suara.com saat puncak acara HUT ke-8 Suara.com sekaligus peluncuran platform video Clickmov.com di Jakarta, Jumat (11 Maret 2022). (Foto: Angga Budiyanto/Suara.com)

Selain peluncuran platform video Clickmov, di rangkaian perayaan HUT Sewindu Suara berlangsung talkshow 1001 Siasat Bisnis Media Lokal dengan pembicara CEO Beritajatim.com Lucky Lokononto, Direktur Konten dan Bisnis Solopos Media Grup Suwarmin, dan Chief Media Networks PT Promedia Rahim Asik.

Baca:   Mitigasi Covid-19, OJK dan SRO Jaga Keberlangsungan Aktivitas Perdagangan Bursa Efek

Juga ada talkshow Tips Investasi Aman di Era Digital bersama Head of Div Wealth Management BNI Henny Eugenia, Ketua Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L Tobing, dan dosen sekaligus Financial Content Creator Doddy Prayogo.

“Saya kira ini perjuangan yang luar biasa karena delapan tahun ini kita mengalami perubahan landscape media yang juga luar biasa. Kalau kita tidak bekerja keras di perubahan landscape media ini, apalagi dengan adanya disrupsi digital ini, kalau kita tidak banyak inovasi, saya kira kita akan ketinggalan,” tambahnya.

Sementara itu, di kesempatan berbeda pada acara yang sama di puncak perayaan HUT ini, Komisaris Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Stephen K Sulistyo, mengaku bersyukur Suara.com kini berusia delapan tahun, khususnya dengan performa dan catatan rating yang sangat memuaskan, baik secara kinerja trafik maupun pendapatan.

“Saya yakin Suara.com akan tetap bekerja dengan standar-standar pemberitaan yang tinggi. Saya ucapkan terima kasih atas capaian sejauh ini. Doa saya dan kita semua, semoga Suara.com selalu berkembang dan menjadi salah satu yang terdepan hingga berpuluh tahun ke depan,” terangnya.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan