Sinyal PKS: Dua Pekan Lagi Asrun Pegang Rekomendasi

  • Bagikan
Makan siang Asrun bersama Ketua Majelis Syuro dan pengurus wilayah Sultra PKS, Jumat (23/9/2017). (Foto: Gugus Suryaman/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Asrun makin sumringah, langkahnya menuju pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara kian tegak. Setelah dikabarkan memegang rekomendasi PAN, kini PKS juga mulai memberi sinyal. Indikasi dukungan itu dilontarkan langsung oleh Ketua Majelis Syuro partai pengusungnya ini selama menduduki kursi Wali Kota Kendari sepuluh tahun.

Menurut KMS PKS, Salim Segaf Al-Jufri (SSA) yang ditemui di Kendari, Jumat (22/9/2017) siang, paling lama dua pekan ke depan rekomendasi PKS sudah keluar. Saat ini menunggu nama-nama yang diusulkan DPW Sultra ke DPP secara resmi.

“Sekarang mungkin belum final, arahnya sudah jelas, paling kuat indikasinya ke situ, walikota yang sekarang,” ungkap Salim Segaf.

Mantan Menteri Sosial di era presiden SBY ini juga menjelaskan mekanisme yang harus dilalui para kandidat untuk memegang rekomendasi partai. Daerah dalam hal ini Dewan Pengurus Wilayah, harus mengajukan dua atau tiga nama bakal calon. DPP menunggu, untuk kemudian diputuskan melalui syuro.

Alasan kuat PKS mengarahkan dukungan ke Asrun, kata SSA, karena Wali Kota dua periode itu memiliki kans besar untuk menang. Meskipun pihaknya tidak memberikan syarat menggandeng kadernya sebagai calon wakil gubernur.

“Yang penting yang diusung itu kans untuk menang besar, itu saja. Intinya kita inginkan menang,” katanya.

Dia mencontohkan hal yang sama terjadi di Pilgub DKI Jakarta lalu. Meski keduanya bukan kader PKS, namun dukungan full diberikan agar menang Pilkada.

Baca:   325 Siswa SMAN 1 Wawotobi Siap UNBK

“Mahar itu istilah lama. Untuk pernikahan suami istri,” candanya menanggapi pertanyaan terkait kompensasi bagi PKS.

SSA tak menampik akan adanya kompensasi dari Asrun untuk pemenangan nantinya.

“Jual kursi, mahar, nggak ada itu. Untuk bisa menggerakkan mesin politik pastilah ada anggaran itu,” tutupnya.

Sementara itu, Asrun yang ditanya wartawan soal pernyataan KMS PKS, tak mau berkomentar banyak.

“Bah Saya tidak tau itu, jangan dulu saya komentar itu, beliau yang bisa menyatakan itu,” katanya saat ditemui usai makan siang bersama PKS di Kampung Nelayan, Jumat siang.

Saat ini, DPW PKS Sultra tengah merampungkan proses fit and proper test para Balon Gubernur yang telah mendaftar. Pekan depan DPW akan mengusulkan tiga nama ke DPP untuk diputuskan sebagai kandidat Cagub usungan PKS.

  • Bagikan