Sisa Masa Jabatannya, Samahudin Lantik Sejumlah Pimpinan OPD dan Kepala Sekolah

  • Bagikan
Samahuddin saat melantik sejumlah pimpinan OPD dan Kepala Sekolah lingkup Pemda Buteng. (Foto: Nu'aimin/SULTRAKINI.COM)
Samahuddin saat melantik sejumlah pimpinan OPD dan Kepala Sekolah lingkup Pemda Buteng. (Foto: Nu'aimin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Pada sisa akhir masa jabatannya sebagai Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin merotasi sejumlah kepala dinas dilingkup pemerintahannya demi kelancaran pemerintahan, mencapai visi misi yang telah direncanakan selama lima tahun masa kepemimpinan.

Rotasi sejumlah pimpinan OPD tersebut ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sejumlah kepala OPD baru di Gedung Kesenian Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Jumat (20 Mei 2022) malam.

Berdasarkan tanggal pelantikan Bupati Buteng, Samahuddin berakhir masa jabatannya sebagai bupati pada 23 Mei 2022 mendatang.

Total kepala dinas beserta pejabat lainnya yang dirotasi sebanyak 62 orang yaitu terdiri dari 12 orang pejabat eselon II, 25 eselon III, serta 25 orang eselon IV.

Bupati Buton Tengah, Samahuddin mengatakan, tindakan rotasi ditempuh dengan tujuan penyegaran kembali aparatur sipil negara di lingkup Pemerintah Kabupaten Buton tengah. Termasuk kewajiban Aparatur Sipil Negara mengetahui masing-masing instansi di wilayah setempat.

“Pelantikan malam ini tidak ada tendensi politik, melainkan penyegaran kembali terhadap Aparatur Sipil Negara,” ucapnya, Jumat (20 Mei 2022).

Sisa masa jabatannya, Samahudin Lantik Sejumlah Pimpinan OPD dan Kepala Sekolah. (Foto: Ist)

Lebih lanjut, Samahuddin saat ditemui awak media usai pelantikan mengatakan, perombakan pada 12 kepala Lrganisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Buton Tengah merupakan hal wajar dalam penyegeran birokrasi pemerintahan.

Baca:   Hati-hati SP E-KTP Palsu saat Pilkada, Dukcapil Buteng Koordinasi KPU dan Panwaslu

“Sebenarnya perubahan pada satu jabatan itu dua tahun sekali, namun yang ada sekarang ini sudah ada yang empat tahun menjabat. Jadi wajar kalau ada rotasi perpindahan. Perombakan saat ini bertujuan para Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Buton Tengah tidak terpaku pada satu tempat,” ucap Bupati Buton Tengah.

Berikut sejumlah nama-nama kepala dinas yang dirotasi Bupati Samahuddin, yaitu :

1. Syamsudin Pamone sebagai Asisten Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Buteng, jabatan lama sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Buteng.

2. La Ance Paulus sebagai Kepala Inspektorat Buteng, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

3. Samrin Saerani sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, jabatan lama sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

4. Wujuddin sebagai Kepala BKPSDM, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Parawisata.

5. La Ode Al Bakri sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah, jabatan lama sebagai Kepala Inspektorat.

6. Nurlia Husni sebagai Kepala Dinas Sosial, jabatan lama sebagai Asisten Umum Sekretariat Daerah Buteng.

7. Abidin sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Perencana, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Sosial.

8. La Ota sebagai Kepala Dinas Perhubungan, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.

Baca:   Warga Aere di Koltim Dilatih Kelola Budidaya Ikan Sistem Bioflok, Program Tambahan TMMD

9. La Ode Darmawan sebagai Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan persandian jabatan lama sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

10. Syamsuddin M sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

11. Usman Mbolosi Kepala Dinas Parawisata, jabatan lama sebagai Kepala Dinas Pendustrian dan Perdagangan.

12. Lukman sebagai Kepala Dinas Pendustrian dan Perdagangan, jabatan lama Kepala Badan Pendapatan Daerah.

Selain melantik sejumlah pejabat esselon II, III, dan IV lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, Samahuddin juga menyerahkan surat keputusan (SK) kepada pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) kepada 221 orang.

Serta penerimaan surat keputusan kepala sekolah jenjang sekolah dasar sebanyak empat kepala sekolah, diantaranya :

1. Kepala SDN 6 Talaga Raya La Yamba jabatan lama sebagai kepala SDN 4 Talaga Raya.

2. Kepala SDN 4 Talaga Raya Hanudin jabatan lama sebagai guru kelas di SDN 4 Talaga Raya.

3. Kepala SDN 2 Talaga Raya La Seda jabatan lama sebagai kepala SDN 6 Talaga Raya.

4. Kepala SDN 7 Talaga Raya La Zikuru jabatan lama sebagai guru SDN 7 Talaga Raya.

Disisa akhir masa jabatannya, Samahuddin juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat, mungkin selama menjabat masih banyak kekurangan yang belum bisa diselesaikan juga kepada seluruh OPD yang sudah bekerja maksimal selama menjabat Bupati Buton Tengah selama satu periode ini.

Baca:   Sulkarnain Melantik Sekda Kota Kendari di Pinggir Teluk

“Permohonan maaf saya apabila selama menjabat masih banyak kekurangan tetapi juga banyak prestasi yang kita telah dapatkan,” tutupnya. (B)

Laporan: Nu’aimin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan