Siswa SMAN 4 Kendari Raih Juara Pertama Kuis Kihajar Sultra

  • Bagikan
Guru Pendamping dan Pembina siswa, Sukadi Linta, bersama Jubril saat menjuarai Kuis Kihajar beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa).
Guru Pendamping dan Pembina siswa, Sukadi Linta, bersama Jubril saat menjuarai Kuis Kihajar beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Siswa SMAN 4 Kendari berhasil meraih peringkat pertama dalam lomba Kuis Kihajar tingkat Sultra, awal September 2018 lalu. Atas prestasi tersebut, siswa salah satu sekolah favorit di Kota Kendari itu, akan mewakili Sultra dalam ajang sama ke tingkat nasional Oktober 2018 mendatang.

Guru Pendamping dan Pembina siswa, Sukadi Linta, menuturkan, siswa yang berhasil meraih juara pertama dalam Kuis Kihajar adalah Jibril Biruni Pamboke. Saat ini, ia sementara dipersiapkan oleh Pusat Teknologi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekom Dikbud), untuk ketingkat nasional.

“Hanya saja, kami belum mendapatkan informasi yang pasti terkait waktu dan tempat pelaksanaan Kuis Kihajar tingkat nasional ini,” ungkapnya, (21/09/2018).

Perlu diketahui, keberhasilan siswa SMAN 4 Kendari dalam lomba tersebut merupakan tahun kedua. Tahun lalu, siswa sekolah itu berhasil meraih masuk tiga besar dalam Kuis Kihajar tingkat nasional.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Olehnya itu, tahun ini kami berharap bisa mempertahankan prestasi sebelumnya. Kalau perlu, siswa kita tahun ini bisa meraih juara pertama atau kedua,” harapnya.

Dia mengungkapkan, ada beberapa kemampuan yang akan diuji dalam kuis Ki Hajar tersebut. Mulai dari kemampuan akademik, untuk menilai pengetahuan umum yang dimiliki siswa. Tes akademik tersebut memuat semua mata pelajaran yang dipelajari dijenjang SMA.

Baca:   Pemuda Asal Muna Jatuh dari Tugu Religi Sultra

“Kedua, kemampuan teknologi informasi (IT), karena soal kemampuan akademik diselesaikan secara online. Selain itu, materi untuk presentasi juga diambil melalui televisi (TV) edukasi yang dinaungi Kemendikbud. Terakhir adalah kemampuan memaparkan materi dihadapan panelis dalam Kuis Kihajar,” tutupnya.

Laporan: M Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan