Siswi MAN IC Kendari dapat Beasiswa Kuliah di Tiongkok

  • Bagikan
MAN IC Kendari. (Foto: DetikSultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu siswi Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara meraih beasiswa kuliah ke Tiongkok. Andi Sitti Nuraida lulus di Program Studi Farmasi, Nantong University Provinsi Jiangsu, Tiongkok.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kemahasiswaan MAN IC Kota Kendari, Dinar, menerangkan Andi Sitti Nuraida sedang mempersiapkan diri dengan kursus bahasa mandarin di Kota Kendari. Sebelum lulus beasiswa ke Tiongkok, siswinya itu mendaftar di Jepang namun tidak memenuhi syarat batas usia.

“Kemudian dia daftarnya ke sini (Tiongkok) tapi mengambil program beasiswa. Beasiswa yang lima puluh persen dibayar mahasiswa dan lima puluh persen universitas,” jelasnya, Selasa (6/7/2021).

Untuk angkatan ketiga ini, kata dia, hanya satu orang diterima kuliah di luar negeri. Lulusnya Andi Sitti Nuraida diharapkan menjadi motivasi bagi siswa lainnya. “Utamanya saat mereka tamat bisa mencari universitas lain selain di Tiongkok karena kan angkatan pertama ada diterima di Jurusan Arsitek Moskow, Rusia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Muhammad Naim menyampaikan akan terus mendorong siswanya agar mampu berdaya saing di tingkat regional maupun tingkat nasional bahkan global, serta di bidang akademik maupun riset.

Baca:   Tokoh Masyarakat di Sultra Isi Sensus Online, Rektor UHO: Gampang Asal Pintar Baca

“Terkait dengan daya saing di tingkat global untuk mendukung hal itu kami akan memperkuat kemampuan bahasa asing, yakni bahasa inggris di sekolah kami,” ujarnya, Selasa (6/7/2021). (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan