Sitaan Knalpot Bogar Polres Kendari Dibuat Menjadi Robot Megatron

  • Bagikan
Robot Antravi buatan Satlantas Polres Kendari dari knalpot bogar hasil sitaan pelanggaran lalu lintas, (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)
Robot Antravi buatan Satlantas Polres Kendari dari knalpot bogar hasil sitaan pelanggaran lalu lintas, (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ratusan knalpot bogar hasil sitaan Polres Kendari dari pelanggar lalu lintas dibuat menjadi robot menyerupai robot Megatron dalam film layar lebar Hollywood. Robot tersebut dipajang di Pos Lalu Lintas Polres Kendari, Perempatan MTQ, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

Tinggi robot dibuat kurang lebih empat setengah meter. Seluruhnya dibuat dari puluhan knalpot bogar hasil sitaan dari para pelanggar lalu lintas. Kemudian diberi cat warna hingga menyerupai robot Megatron.

Seluruh struktur badan robot mulai dari kepala hingga kaki berbahankan knlapot bogar. Semua knalpot merupakan hasil sitaan selama dua bulan terkahir sejak bulan Ramadan lalu, hingga sesudahnya.

Pembuatan robot tersebut memakan waktu delapan hari hingga diresmikan pada hari ini, Senin (14 juni 2021).

Satlantas Polres Kendari menamai Robot tersebut dengan sebutan Robot Antravi (Anti Traffic Violation) atau robot anti pelanggaran lalu lintas.

Kaurbin Ops Satlantas Polres Kendari, Ipda Andi Muhammad Nurfadli menjelaskan ide kreatif ini muncul ketika dirinya ingin mengedukasi pelanggar lalu lintas dengan cara yang berbeda dan milenial.

Hingga akhirnya, kata dia, rencana pemusnahan barang bukti knalpot bogar disulap menjadi sebuah robot dan menjadi tontonan bernilai edukasi serta menarik buat masyarakat yang melintasi pos lalu lintas di perempatan MTQ Kendari.

Baca:   Polres Konawe Kirim 23 Personil untuk Pengamanan Munas Kadin

Terlebih, Robot Antravi ini juga menjadi icon baru di Kota kendari, sehingga masyarakat dapat berswafoto dan melihat langsung barang bukti pelanggar lalu lintas. Dengan begitu, nantinya masyarakat dengan sendirinya teredukasi akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Robot ini dibentuk dari hasil sitaan knalpot bogar. Tentunya ada pesan yang tersimpan dalam pembuatan robot ini yakni kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas. Jadi disamping masyarakat dapat berswafoto dengan robot Antravi yang menjadi icon baru ini, nilai edukasi yang penting diharapkan,” jelasnya.

Menurut Ipda Andi Muhammad Nurfadli, pembuatan robot dari hasil sitaan knlapot bogar merupakan bentuk keseriusan Satlantas Polres Kendari dalam memberantas pelanggaran lalu lintas yang bersifat invasif atau mengganggu masyarakat umum seperti balap liar dan knalpot bogar yang bising.

“Ini juga merupakan bentuk keseriusan Satlantas Polres Kendari memberantas pelanggar lalu lintas yang mengganggu masyarakat umum, kan kalau knalpot bogar bising kan, masyarakat pasti terganggu dengan suaranya apalagi yang memiliki anak kecil, kasian akan terbangun nantinya dan menangis,” tegasnya. (B)

Laporan: Hardiyono Zimani
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan