SMAN 4 Kendari Buka Peluang Kader Siswa Berprestasi Melalui Kompetisi

  • Bagikan
Peserta Smart Youth Competition yang diadakan SMAN 4 Kendari usai dilakukan penyematan tanda pengenal peserta, Senin (1/5/2018). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Peserta Smart Youth Competition yang diadakan SMAN 4 Kendari usai dilakukan penyematan tanda pengenal peserta, Senin (1/5/2018). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARISMAN 4 Kendari menyelenggarakan Smart Youth Competition dengan mengusung tema “Mewujudkan Revolusi Mental melalui Generasi yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, Berbudaya, dan Berkarakter Berlandaskan Iman dan Taqwa guna Mempersiapkan Indonesia Emas 2045”, mulai dari 1-6 Mei 2018.

Sebanyak 17 SMP se-Kota Kendari akan berkompetisi di sejumlah item lomba, yakni english competition, lomba akademik, teknologi, dan lomba keagamaan.

“Ini sebagai ajang atau wadah pengembangan kemampuan dan bakat para pelajar SMP Kota Kendari dalam bidang pendidikan, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei nanti, karena kita bernaung di bawah Kemendikbud RI,” kata Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan, Selasa (1/5/2018).

Tujuan lain dari kompetisi tersebut, lanjutnya, menarik minat pelajar tingkat SMP sederajat melanjutkan jenjang pendidikannya di sekolah tersebut. Selain memotivasi sekolah lainnya menyelenggarakan kegiatan yang sama seperti mereka.

“Kami berharap semua sekolah bisa menyelenggarakan kegiatan serupa dengan begitu membuat siswa terus berkompetisi. kompetisi seperti ini akan merangsang animo masyarakat terutama pelajar mengembangkan diri di bidang akademik maupun non akademik,” tambah Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kota Kendari itu.

Ketua Panitia Kegiatan, Muh Fakhran mengungkapkan Smart Youth Competition merupakan kegiatan kedua kalinya diadakan OSIS SMAN 4 Kendari. Peserta akan dipertemukan dalam english competition melaui debat dan pidato. Lomba Akademik, terdiri dari pra olimpiade Matematika, IPA, IPS dan LCT MIPA. Lomba teknologi, berupa desain poster dan fotografi. Sementara lomba keagamaan, seperti ceramah agama dan Tahfidzul Quran.

Baca:   Kepala SMAN 4 Kendari Laporkan Salah Satu Media Online ke Polisi

“Intinya bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelajar, bukan hanya di akademik tetapi juga di non akademik. Dengan harapan, lahir bibit-bibit baru yang berprestasi dan bisa mewakili Kota Kendari ke tingkat provinsi bahkan ke tingkat nasional,” terang siswa kelas XI MIA Olimpiade 2 itu.

 

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan