Sosialisasi Covid-19 Masuk Program TMMD Kodim 1412 Kolaka, Warga Aere Belajar 5M

  • Bagikan
Sosialisasi Covid-19 di Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim, program nonfisik TMMD ke-111. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Di tengah Covid-19 masih mewabah, keakuratan informasi dinilai perlu menjadi perhatian. Terlebih kasus Covid-19 terjadi meningkat sekarang ini. Hal inipun masuk dalam program nonfisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Sosialisasi Covid-19 dibawakan oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Koltim, Dr. Abd. Munir Abubakar, Rabu (7/7/2021).

Di hadapan warga Aere, Munir memaparkan perkembangan kasus Covid-19 di Koltim serta seputar informasi tentang covid dan pencegahannya.

Munir menerangkan, gejala Covid-19 bisa berupa ringan, sedang, dan berat. Gejala dasar bila terpapar virus ini, yaitu demam, batuk, pilek, sesak napas, sakit kepala, nyeri tenggorokan, nyeri badan, pengecapan kurang, begitu juga fungsi penciuman menjadi berkurang.

Agar terhindar dari paparan Covid-19, masyarakat harus disiplin menerapkan 5M, meliputi sering mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau berpergian.

Pemda Koltim juga menggenjot pemberian vaksinasi Covid-19.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Vaksin Covid-19 diberikan untuk memberikan kekebalan imunitas. Sasaran vaksinasi umur 12-17 tahun, 18-59 tahun, dan 60 tahun ke atas bagi pelayan publik, tenaga kesehatan, masyarakat umum. Vaksinasi ditargetkan diberikan sampai 80 juta orang,” jelas Munir.

Baca:   Manunggal TNI Wujudkan Asa di Pelosok Selatan Koltim, Ratusan Hektare Tanah Langsung Berubah Produktif

Sebaran Covid-19 di Kabupaten Koltim hingga 5 Juli 2021 berdasarkan laporan Satgas setempat diketahui jumlah terkonfirmasi 178 orang, kasus sembuh 150 orang, kasus aktif 21 orang, kontak erat 38 orang, dan meninggal tujuh orang.

Kecamatan Aere berada di zona merah lantaran memiliki kasus kontak erat delapan orang dan terkonfirmasi Covid-19 empat orang. Wilayah ini hingga 5 Juli tercatat tidak memiliki kasus aktif.

Sosialisasi juga dihadiri Pastier Kodim 1412 Kolaka Kapten Inf. Basir, Kapolsek Lambandia IPTU Wayan Sartika, dan Sekdes Rubia Andi Ririn Adiatma.

TMMD di Kecamatan Aere membawa sepuluh program nonfisik dan tiga program fisik. Program ini dijadwalkan akan ditutup pada pertengahan Juli mendatang.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan