Sosialisasi di Konsel, BPBD Sultra Tekankan Kedisiplinan Prokes dan Pencapaian Vaksin

  • Bagikan
Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusuf bersama Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)
Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusuf bersama Bupati Konsel, Surunuddin Dangga (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, Satuan Tugas (Satgas) Covid -19 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra melakukan sosialisasi dan edukasi penanganan Covid -19 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Jumat (27 Agustus 2021).

Kepala BPBD Sultra, Muhammad Yusuf mengungkapkan, soialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Dengan demikian, harapan pencegahan Covid -19 di Bumi Anoa dapat terkendali.

Ia sampaikan bahwa koordinasi dan sinergi dengan Satgas Penanganan Covid-19 di seluruh daerah akan terus dilakukan dan ditingkatkan. BPBD juga akan terus merumuskan dan memformulasikan berbagai langkah dan upaya terkait sosialisasi pencegahan secara terus menerus, tanpa jeda.

“Untuk lebih mendisiplinkan lagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, maka perlunya sinergitas semua pihak sampai ke tingkat paling bawah bersama dengan TNI dan Polri,” ujarnya.

Selain itu kata Muhammad Yusuf, target pencapaian vaksin sebagaimana juga menjadi target daripada pemerintah pusat yaitu dua juta per hari.

“Pencapaian target vaksin diperlukan keseriusan di daerah. Jika kebutuhan vaksin kurang, agar segera dilaporkan,” ungkapnya.

Selanjutnya, terkait isolasi mandiri agar dilakukan secara terpusat. Sebab kebanyakan yang melakukan isolasi mandiri tidak terkontrol dengan baik dan tidak dilakukan pengawasan.

Baca:   Dorong Transformasi Digital, BI bersama Empat Kementerian Teken MoU

Jika hal itu dibiarkan, dikhawatirkan menimbulkan klaster baru dan bisa berujung pada kematian.

“Oleh karena itu, kita meminta di daerah agar melakukan isolasi yang terpusat. Begitupun juga dengan penanganan dampak PPKM,” katanya.

Ia jelaskan, untuk penanganan dampak PPKM, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa sembako. Selain itu, dalam kegiatan sosilisasi di Konsel tersebut BPBD Sultra menyalurkan bantuan masker.

Sementara iti Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyambut baik tim Gugus Tugas Covid -19 Sultra dan BPBD Sultra.

“Terima kasih kepada pihak BPBD yang telah berkunjung untuk melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Konsel tentang penanganan dan pencegahan covid-19,” ucapnya.

Surunuddin berharap dukungan dari Satgas provinsi untuk kebutuhan vaksin, karena animo kasyarakat untuk mengikuti vaksin sudah mulai tinggi.

“Saat ini di Konsel keinginan masyarakat untuk mengikuti vaksin sangat tingggi, bahkan mereka datang sendiri di puskesmas untuk minta divaksin,” tandasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan