Stok Blangko KTP-el di Sultra Capai 52 Ribu Keping

  • Bagikan
Kantor Disdukcapil Sultra (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan ketersediaan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) saat ini tidak ada kendala. 

Kepala Disdukcapil Sultra, Ismail Lawasa mengungkapkan, blangko KTP-el yang tersedia saat ini masih mencukupi kebutuhan warga. Blangko digunakan untuk pencetakan KTP baru maupun KTP yang rusak atau hilang. Saat ini ada 52 ribu keping blangko yang tersebar di 17 kabupaten dan kota se- Sultra.

“Kalau untuk ketersedian blangko KTP-el untuk Sultra ini sekitar 52 ribu untuk 17 kabupaten kota. Jadi ada di masing-masing kabupaten kota,” ungkapnnya melalui sambungan telepon, Jumat (12/11/2021).

Sementara untuk di Disdukcapil Sultra sambungnnya, ada 7 ribu keping blangko  KTP-el. Pada prinsipnya, jika ada kabupaten yang kekurangan blangko, bisa dibantu oleh kabupaten terdekatnya atau ke Provinsi.

“Sempat kemarin di Kabupaten Kolaka tinggal lebih 100 keping tapi sudah di pinjamkan oleh Kabupaten Kolaka Timur (Kolut) tetangganya. Tapi mereka sudah bermohon mereka ambil 4 ribu yang ada di stok kami,” jelasnya.

Menurutnya, aktivitas layanan pengurusan KTP cukup tinggi saat ini di kantor Disdukcapil. Begitupun juga dengan permintaan blangko KTP di pusat tidak ada masalah.

“Jadi disaat musim Covid-19 itu kami hanya melalui perwakilan pemerintah provinsi di Jakarta jadi itu yang mengurus setelah kami membuat administrasinya permohonan ke Dirjen Dukcapil kemudian pihak perwakilan provinsi di pusat yang mengurus dan mengirimkan ke kami blangko KTP,” tandasnya. (C)

Baca:   Bendera Merah-Putih akan Berkibar di Laut Wakatobi

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan