Sulkarnain: Adipura Hasil dari Kerja Sama Masyarakat

  • Bagikan
Penyerahan Adipura ke-10 dari Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain kepada Plt Kepala Dinas DLHK Kota Kendari Paminudin yang disaksikan Ketua DPRD Kota Kendari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Penyerahan Adipura ke-10 dari Plt Wali Kota Kendari Sulkarnain kepada Plt Kepala Dinas DLHK Kota Kendari Paminudin yang disaksikan Ketua DPRD Kota Kendari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Anugerah Adipura kepada Kota Kendari memiliki arti tertentu bagi Pemerintah Kota maupun masyarakat setempat. Adipura ke-10 itu merupakan prestasi atas kinerja jajaran pemerintahan dan dukungan masyarakat.

Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari, Sulkarnain, mengatakan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Jakarta pada Senin (14/1/2019).

Usai menerima Adipura, Pemkot dijemput jajaran pejabat pemerintahan di Bandara Haluoleo bersama pasukan oranye atau petugas kebersihan DLHK Kota Kendari dan diarak menuju Kantor Wali Kota Kendari.

“Raihan piala Adipura ini tentu memiliki arti bagi kita semua, tentunya keberhasilan ini merupakan usaha kita semua bukan hanya prestasi satu-dua orang,” ucap Sulkarnain usai penyerahan Adipura kepada Plt Kepala Dinas DLHK Kota Kendari yang disaksikan Ketua DPRD Kota Kendari di pelataran Kantor Wali Kota Kendari, Selasa (15/1/2019).

(Baca: Kota Kendari Dapat Adipura Berturut-Turut Selama 10 Tahun)

Tantangan berikutnya, kata dia, mempertahankan penghargaan di bidang kebersihan lingkungan untuk keberlangsungan masyarakat Kendari.

Dia berharap, jajaran pemerintah maupun masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

“Ini membuktikan raihan Adipura membuat jangan kita berhenti di sini karena ini hanyalah instrumen bagaimana kita kembangkan kedepanya,” tambahnya.

Baca:   Akibat Banjir, 3 TPS di Lepo-lepo Dialihkan

Instruksi Wakil Presiden RI agar membuat peraturan daerah (Perda) tentang pembersihan drainase di lingkungan tempat tinggal masyarakat dan pembangunan tempat sampah, sehingga warga dapat mengatur sendiri pengelolaan lingkungannya tidak harus dirancang lagi.

“Jadi kita minta kepada masyarakat ketertibannya dalam membuang sampahnya makin bisa diperhatikan, apa yang sudah diintruksikan oleh wakil presiden tidak perlu lagi dibuatkan aturan, apalagi sampai harus kejar-kejaran mensosialisasikan kebersihan ini,” lanjutnya.

(Baca juga: Baubau Juga Terima Adipura 2018)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan