Sulkarnain Kadir Kukuhkan 520 Anggota KATANA

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat mengukuhkan salah satu anggota KATANA. (Dok.Kendarikota.go.id)
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat mengukuhkan salah satu anggota KATANA. (Dok.Kendarikota.go.id)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir resmi mengukuhkan  kelompok Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) yang berasal dari 56 kelurahan, 11 kecamatan se-Kota Kendari, disalah satu Hotel pada Kamis, 2 Juni 2022.

Dilansir dari laman Kendari Kota, setelah mengukuhkan anggota KATANA Sulkarnain Kadir mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dan tidak menebang pohon sembarangan sebagai bentuk pencegahan terjadinya bencana  khususnya banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Kendari.

“Hujan itu sudah pasti, ada musimnya, namun yang sering menyebabkan banjir karena sering menebang pohon sembarangan jadi tidak ada yang meresap air, meskipun kita wilayah kota tetapi hutan harus tetap dijaga,” ucapnya Rabu (3 Juni 2022).

Walikota Kendari juga mengucapkan selamat kepada anggota KATANA yang telah dikukuhkan, ia berharap para anggota KATANA agar menjadi garda terdepan baik dalam menaggulangi bencana maupun melakukan upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelatihan anggota KATANA, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulanngan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kota Kendari Paminudin mengatakan, KATANA dibentuk untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya waspada dan siaga menghadapi bencana yang tidak pernah diketahuai kapan, dimana, dan jenis bencana yang akan terjadi.

“KATANA bekerja tidak hanya melakukan tindakan penyelamatan pada saat bencana saja, namun tindakan pencegahan yang lebih diprioritaskan sebelum bencana terjadi,” ungkap Paminudin.

Baca:   Andi Mansyur Gantikan Sulkarnain Pimpin DPD PKS Kendari

Pada kegiatan kini para anggota KATANA diberi bekal pengetahuan kebencanaan, yang dibawakan oleh Kalak BPBD Kota Kendari, Ahli Muda Direktorat Kesiapsiagaan kedeputian bidang pencegahan BNPB Nurul Maulidini, serta Kepala Bidang Pencegahan BPBD Kota Kendari Muh. Erwin Fajar.


Laporan: Tian
Editor: Hasrul Terima

  • Bagikan