Sultra Berikan Bimbingan Pengelolaan Perpustakaan Desa/Kelurahan

  • Bagikan
Pembukaan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan umum desa/kelurahan se-Sulawesi Tenggara. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan guna meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat, Senin (17/7/2017).

Bimtek melibatkan tim pelaksana sebanyak sepuluh orang dan tujuh orang pengajar. “Tim yang menjadi narasumber dan pengajar merupakan pejabat struktural dan fungsional pustakawan yang ada di Dinas Perpustakan dan Kearsipan Sultra, mereka sudah teruji dan berpengalaman dibidangnya,” terang Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan sekaligus Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Aswati.

Sekretaris daerah Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, bimtek merupakan salah satu cara mengembangkan perpustakaan sebagai sarana mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Disisi lain juga membangun berbagai bidang dalam pemerintahan. Dia juga berharap para kepala daerah di Sultra bisa mengalokasikan anggaran untuk peningkatan fasilitas kualitas perpustakaan.

“Di desa sangat minim perpustakaan maupun pembaca, jadi dengan adanya pelatihan dan bimtek ini bisa meningatkan minat pembaca. Ada beberapa daerah belum mengalokasikan dana untuk perpustakaan, jadi lewat tenaga perpustakaan ini bisa mengusulkan peningkatan perpustakaan daerah masing-masing,” kata Lukman.

Laporan: Hasrul Tamrin

Baca:   Mulai 14 Juni, Garuda Layani Rute Kuala Namu-Changi
  • Bagikan