Sultra Zero Covid-19, Masyarakat Diimbau Tetap Patuhi Prokes

  • Bagikan
Sekda Sultra, Nur Endang Abbas (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Sekda Sultra, Nur Endang Abbas (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kondisi Sulawesi Tenggara (Sultra) dari pandemi Covid-19 saat ini adalah zero atau sama sekali tidak ada kasus. Kendati demikian, pemerintah mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) secara ketat dan disiplin.

Sekretaris Daerah Provinsi Sultra sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Sultra, Nur Endang Abbas mengungkapkan semua Rumah Sakit di Sultra sudah zero (nihil) dari pasien Covid-19. Beberapa saat lalu juga sempat ada yang merasa reaktif, namun setelah menjalani tes PCR ternyata hasilnya negatif.

“Walaupun demikian, kita harus tetap waspada dan selalu taat terhadap Prokes dengan menggunakan masker, karena pandemi ini belum di cabut statusnya dari bencana non alam,” ujarnya, Selasa (2/11/2021).

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam sambutannya saat mengikuti rapat koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menuturkan terkait dengan sebagian daerah yang berada pada level 2 kebijakan PPKM maka, sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah harus menyiapkan Road Map (peta jalan) strategi transisi dari pandemi menjadi endemi di daerah.

Berkaitan dengan kondisi tersebut, lanjutnya, maka Pemprov Sultra akan mengambil langkah-langkah strategis antara lain, mengeluarkan instruksi gubernur terkait penerapan PPKM sesuai dengan level yang ditetapkan pemerintah, memperkuat kerja sama yang sinergis dengan Forkopimda Provinsi dan Stakeholders terkait dalam penanganan pandemi di Sultra.

Baca:   BPBD Sultra Bersama Satgas Sosialisasi Penanganan Covid-19 di Bombana

Kemudian, mendorong peran aktif pemerintah kabupaten atau kota untuk bersama-sama mempertahankan tren penurunan kasus Covid-19 di wilayahnya masing-masing, membentuk posko di setiap perbatasan kabupaten ataupun kota di Sultra, dan mewajibkan pelaku perjalanan antar kabupaten dan kota, minimal melakukan Swab Antigen.

“Semoga kita dapat terus bersinergi agar kondisi pandemi yang sedang melandai dapat terus kita pertahankan hingga pada berakhirnya Covid-19,” tandasnya. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan