Supervisi BPJS Konut: Untuk Peningkatan Pemanfaatan Layanan Kesehatan

  • Bagikan
Kepala BPJS Kesehatan Konut, Zulkifli saat mengunjungi Puskesmas Landawe. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan, melakukan supervisi rutin berkoordiasi dengan Dians Kesehatan setempat untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi di setiap puskesmas di Kabupaten Konawe Utara (Konut). Tepatnya, 13 kecamatan menjadi tujuan supervisi, sekaligus melihat kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas tersebut.

Kepala BPJS Kesehatan Konut, Sulkifli mengatakan dalam supervisinya turut memberikan edukasi dan sosialisasi jika ada aturan baru yang berkaitan dengan penerapan fasilitas kesehatan, termasuk teknis peningkatan pelayanan sesuai aturan. Salah satu dilakukan adalah pengambilan sampel kepada peserta JKN KIS yang mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan.

“Jadi yang kita suvei itu, mulai dari tingkat kepuasan serta tingkat pelayanan terhadap peserta JKN KIS, sampai dengan menampung dan memberikan solusi jika terdapat kendala dalam mendapatkan akses pelayanan di puskesmas tersebut,” kata Zulkifli kepada SultraKini.Com, Selasa (13/3/2018).

Menurutnya, kegiatan itu bagian dari intruksi Bupati Konut yang menekankan bukan hanya kepada pemberian jaminan kesehatan, tetapi diiringi dengan akses pelayanan yang baik di setiap fasilitas kesehatan.

“Dalam satu minggu minimal satu puskesmas yang dikunjungi oleh BPJS Kesehatan, kegiatan tersebut masuk dalam program kerja BPJS kesehatan Konut yang sejalan dengan program Pemda Konawe Utara dalam hal peningkatan kesehatan masyarakat Konawe Utara,” jelasnya usai melakukan kunjungan di Puskesmas Asera, Landawe, dan Puskesmas Oheo.

Baca:   Mengenal Vulvitis, Gejala Dan Penanganannya

Pihaknya berharap, seiring dilakukannya supervisi turut mempengaruhi tingkat kunjungan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan.

 

Laporan: Arifin Lapotende

  • Bagikan